Wisata Alam Kabupaten Rokan Hulu Air Terjun Aek Martua Yang Menjadi Wisata Andalan

KILASRIAU.com  - Jalanan yang sepi, kicauan burung liar di hutan yang seakan saling berbicara. Kuli pikul masih sibuk memikul kayu hutan menuruni bukit.

Beginilah suasana lokasi Wisata Air Terjun Aek Martua, Desa Huta Padang, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Terasa begitu asri, menyejukkan, dan menenangkan.

Melintasi sungai dengan jembatan gantung yang tidak stabil menuju lokasi wisata sering kali menjadi rintangan awal bagi pengunjung, setelah berhasil melalui jembatan gantung tersebut  tidak serta merta kita akan langsung sampai ke lokasi, masih ada jalan setapak sejauh kurang lebih 3,5 kilo meter  memasuki hutan yang akan menaungi perjalan kita, hutan di sepanjang jalan yang kita lalui masih tergolong rindang dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi, di sepanjang jalan kita juga akan di sambut oleh merdunya  nya kicauan burung.

Jika sudah berjalan sejauh 3,5 kilo meter, rintangan selanjutnya sudah menyambut dengan hangat, tanjakan curam lagi tinggi  akan menguji setiap mental para pengunjung, tidak jarang juga banyak yang menyerah sampai disini, seakan ingin putar arah tapi tidak dapat apa-apa, ada banyak sekali kejadian yang tidak diinginkan, saat sudah ingin menyerah tidak jarang pengunjung akan melihat aksi dari kuli pikul  memikul batang kayu menuruni tanjakan yang membuat semangat kembali membara, jika kuli pikul dengan memikul beban di pundaknya saja bisa, kenapa kita harus menyerah.

Saat sudah melewati tanjakan yang juga merupakan sebuah bukit yang menguji mental, alam seakan tau apa yang di butuh kan pengunjung, pemandang luas sejauh mata memandang di sajikan, bangunan-bangunan terlihat sangat kecil seperti batu, disini pengunjung akan terseyum senang bahkan berteriak keras seolah melepas penat,
Setelah cukup puas dengan pemandangan dari atas bukit, pengunjung masih harus menuruni bukit dengan ratusan anak tangga yang  cukup menguras tenaga, sekali lagi pengunjug akan melihat aksi kuli pikul yang kali ini menaiki anak tangga dengan kayu yang ada di pundak nya, hal ini cukup memotivasi pengunjung juga untuk melanjutkan perjalanan, dan saat sedang menuruni anak tangga kita juga sudah bisa mendengar percikan air sungai yang mengalir.

Sesampainya di sungai yang di apit oleh tebing yang tinggi, pengunjung akan sedikit di hujani dengan tetesan air yang menetes dari selah-selah tebing. Sepanjang melintasi tebing, pengunjung juga akan mendengarkan sambutan hangat dari siamang yang merupakan binatang endemik di Indonesia, siamang itu seakan menyapa kedatangan kita ke tempat Wisata Aek Martua. Hingga, secara tidak sadar kita sudah sampai di lokasi, alam menyapa kita memalui deburan air yang jatuh dari puncak Wisata Aek Martua, dan menyambut kita dengan hembusan embun dari air terjun yang membelai,hinga rasa lelah selama perjalanan hilang seketika.

Air terjun ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, yakni memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter sampai dengan yang tertinggi mencapai 40 meter. Selain itu, pemandangan yang disuguhkan di obyek wisata ini sungguh sangat mengagumkan dan menyegarkan. Airnya begitu jernih dan mengalir deras, pemandangan hutan yang sangat menawan yang menjadikan udara disekitar air terjun tersebut sangat segar dan menyejukkan, ditambah lagi adanya perpaduan dari bebatuan cadas dengan tekstur yang unik dan alami.

Air yang mengalir dengan deras pada objek wisata Air Terjun Aek Martua, sejatinya merupakan salah satu aliran dari sebuah sungai yang bersumber dari Bukit Simalombu, yakni salah satu dari rangkaian Bukit Barisan yang membentang disepanjang Pulau Sumatra.

Objek wisata Air Terjun Aek Martua, selain menjadi tujuan berwisata alam bagi wisatawan yang datang dari berbagai penjuru daerah atau beberapa Negara, juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi sebagian kalangan penduduk lokal yang bermukim di kabupaten Rokan Hulu. Hal tersebut, dapat kita saksikan ketika musim liburan datang, dimana salah satu objek wisata andalan dikabupaten tersebut, terlihat begitu ramai dan banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan.






Tulis Komentar