Kedatangan Tamu Provinsi Tetangga, Diskominfoss Kuansing Akan Pelajari Tentang Smart City

TELUK KUANTAN, KILASRIAU.COM - Dalam rangka penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Pariaman, Sumatera Barat (SUMBAR) berkunjung ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DISKOMINFOSS) Kabupaten Kuantan Singingi (KUANSING), Riau.

Dimana kunjungan dari Diskominfo Kota Pariaman tersebut, disambut langsung Kepala Dinas Kominfoss Kuansing, Ir. H Syamsir Alam, M.M yang diwakili Sekretaris Hendrianto, S.E.,M.Si didampingi Plt. Kepala Bidang Informatika Antoni Suryadinata, S.E.,M.Eng dan Kepala Seksi Aplikasi Informatika Masriadi, S.Ap, pada Kamis (24/06/2021) lalu.

Diskominfo Kota Pariaman beserta rombongan tersebut, dipimpin oleh Kepala Bidang E-Government, Eka Putra Pernanda didampingi dua orang kepala seksi di bidang Informatika.

Demikian hal tersebut dibenarkan oleh Plt. Kepala Bidang Informatika Diskominfoss Kuantan Singingi, Antoni Suryadinata, S.E.,M.Eng saat dikonfirmasi awak media pada Jum'at (25/06/2021) di Teluk Kuantan.

"Iya kemarin kita menerima kunjungan dalam rangka study banding dari Dinas Kominfo Kota Pariaman, sharing informasi terkait pengembangan pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masing-masing instansi, baik itu di Kota Pariaman maupun di Kabupaten Kuantan Singingi," demikian kata Antoni Suryadinata yang dulu pernah menjabat sebagai Kasubag di Bagian Humas Sekretariat Daerah (SETDA) Kuansing itu.

Selain itu, untuk peningkatan dalam penyelenggaraan SPBE, Kota Pariaman sudah memiliki Peraturan Daerah (PERDA) tentang program Kota Pintar (SMART CITY). 
"Sementara kita di Kabupaten Kuantan Singingi belum memiliki Perda sebagai payung hukum dalam menjalankan program Smart City tersebut," terang Antoni.

Kota cerdas atau kota pintar (SMART CITY) merupakan sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet untuk segala dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota.

Maka untuk ke depannya, kata Antoni, "pihaknya juga akan melakukan kunjungan balasan guna mempelajari tentang Perda untuk payung hukum Smart City atau penyelenggaraan SPBE tersebut," demikian ungkapan Antoni Plt. Bidang Informatika  Diskominfoss Kuantan Singingi menuturkan.**






Tulis Komentar