Kadis Kominfo Bangga, Syamsir Alam: Selamat Atas Kelulusan Berkompeten Buat Adinda Bertiga Yang Bisa Bersaing dan Teruji

TELUK KUANTAN, KilasRiau.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) kabupaten Kuantan Singingi (KUANSING), Riau, Ir. H Syamsir Alam, M.M sontak ucapkan selamat atas 3 orang wartawan yang ikut sertifikasi uji kompetensi wartawan (UKW) jenjang Muda yang diadakan Dewan Pers dan bekerjasama dengan London School of Public Relations (LSPR), dinyatakan lulus berkompeten oleh dewan pers pada Sabtu (19/06/2021) di Grand Zuri Hotel Pekanbaru, Riau.

Dimana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini diselenggarakan di Ballroom Grand Zuri Hotel Pekanbaru selama 2 hari, yakni 18-19 Juni 2021 yang diikuti oleh sebanyak 51 peserta, termasuk 3 diantaranya merupakan Ketua, Sekretaris dan Anggota IWO Kuansing.

"Sebanyak 51 peserta UKW jenjang Muda ini berasal dari 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau," kata Direktur LSPR Jakarta, Deddy Irwandy MSi yang juga sebagai moderator pada saat itu.

Sebelumnya, lanjut Deddy, dari hasil seleksi awal terdapat sebanyak 60 peserta yang ikut mendaftar, saat mengikuti seleksi Pra-UKW yang dilaksanakan melalui zoom metting gugur 9 orang peserta dan menyisakan 51 peserta yang berhak ikut dalam UKW di Provinsi Riau. Dari 51 peserta tersebut, setelah mengikuti sebanyak 10 mata uji selama 2 hari dan menghasilkan sebanyak 45 peserta yang dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN.

Dimana ke-45 wartawan yang telah dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN tersebut, kata Deddy, ada tanggungjawab yang besar menanti. "Karena ke 45 peserta ini sudah dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN, tentunya dalam menyajikan berita tidak lagi asal asalan atau tidak mentaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tegas Deddy.

Mendapat kabar tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Kuantan Singingi, Ir. H Syamsir Alam, M.M sontak ucapkan selamat kepada 3 orang wartawan Kuansing yang telah dinyatakan oleh Dewan Pers kelulusannya yang berkompeten, melalui sambungan sellulernya.

"Selamat adinda, selamat atas kelulusan berkompeten buat adinda bertiga yang bisa bersaing dan teruji, saya bangga" ucap sang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. H Syamsir Alam, M.M dengan bangga memberikan ucapan.

Selain ucapan selamat yang diberikan, Syamsir Alam juga berharap agar kedepannya dapat menginspirasi informasi dalam pembangunan yang profesional. Ditambahkannya, bahwa rekan pers dan juga Diskominfo Kabupaten Kuantan Singingi sudah banyak bekerja sama dalam hal pemberitaan umum maupun pemberitaan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi. Syamsir Alam mengharapkan untuk rekan-rekan wartawan agar selalu semangat dan profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

"Selamat dan sukses buat adinda bertiga yang telah berhasil mendapat sertifikat lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), semoga  tugas dan fungsi jurnalistik sebagai inspirasi informasi sekaligus mitra pembangunan, yang berwawasan, kredibel dan profesional di kabupaten Kuantan Singingi akan terwujud..!!! Aamin.amiin yarobbal'alamiin," demikian ucapan dan harapan Syamsir Alam dalam do'anya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kuansing, Hendra Riko Purnomo yang bersama-sama dengan Sekretaris, Jeki Efri Yunas dan Anggotanya, Aldian Syahmubara yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Riau 2021 mengatakan bahwa sebenarnya ada 4 orang wartawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Ya awalnya kami mendaftar 4 orang, setelah berjalannya proses demi proses sehingga dari 4 peserta tersisa menjadi 3 peserta yang terus berjuang dan akhirnya berhasil dinyatakan LULUS dan BERKOMPETEN," terangnya.

Ketua IWO Kuansing berharap untuk kedepannya ada support penuh dari Pemerintah Daerah agar seluruh wartawan bisa dinyatakan BERKOMPETEN dalam kegiatan jurnalistik. 

"Semoga ke depan, ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi terkait pelaksanakan ataupun mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ini, sehingga mampu melahirkan wartawan yang lebih berkualitas sehingga bisa menyokong cita cita menjadikan Kuansing yang Bermarwah," tutup Ketua IWO Kuansing Hendra Riko Purnomo penuh harap.**






Tulis Komentar