Akibat Amukan Si Jago Merah, Sebelas Unit Bangunan Milik Warga Hanya Sisakan Puing dan Abu

Kuantan Singingi, KilasRiau.com
Rumah milik warga dan gudang kosong di kawasan Pasar Lama Desa Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (19/05/2021) sekira pukul 18.00 WIB, rata dengan tanah akibat di lalap si jago merah.

Kebakaran yang menimpa 10 unit rumah milik warga dan 1 gudang kosong di Kawasan Pasar Lama Desa Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir tersebut diduga terjadi karena korsleting listrik.

Akibat dari kebakaran tersebut, rumah milik warga  terlihat hanya tinggal puing-puing atap dan arang kayu yang tersisa.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Henky Poerwanto, S.I.K.,M.M membenarkan hal itu melalui Kapolsek Singingi Hilir AKP Waras Wahyudi, S.H kepada KilasRiau.com pada Rabu, (19/05/2021) malam.

Berikut data-data pemilik rumah yang tertimpa musibah kebakaran tersebut,  yang dihimpun KilasRiau.com, yakni rumah milik Samwiroji (68) pekerjaan petani, Nuryanti (41) pekerjan IRT, Rino Devita (35) pekerjaan pedagang kosmetik, Subambang Wahyudi (35) pekerjaan wiraswasta, Marjuan (60) pedagang rumah makan, Weldi (35) pekerjaan Pedagang maenan anak-anak, Nasrulloh (30) Pekerjaan Pedagang buah, Sison (40) Rumah dalam keadaan Kosong dan berdomosili di Sumbar, Sumadi (65) Rumah dalam keadaan Kosong dan berdomisili di Desa Sungai Buluh, Nuriman (65) Rumah dalam keadaan kosong dan berdomisili di Desa Simpang Raya serta 1 unit gudang kosong.

Menurut Kapolsek Singingi Hilir AKP Waras Wahyudi, S.H mengatakan bahwa kebakaran yang menimpa 10 unit rumah dan 1 unit gudang kosong tersebut berawal dari korsleting listrik yang terjadi dirumah Marjuan (60) yang dalam kondisi rumah kosong.

"Kebakaran ini, diduga karena korsleting listrik yang terjadi di rumah Marjuan yang dalam kondisi kosong. Kemudian api dengan cepat membesar dan membakar rumah warga yang terbuat dari kayu sebanyak 11 unit," ungkap Kapolsek.

Setelah api membesar dan membakar rumah warga, sambung AKP Waras Wahyudi yang baru saja diambil sumpah jabatannya sebagai Kapolsek Singingi Hilir pada Rabu (19/05/2021) pagi, diketahui oleh masyarakat dan kemudian melakukan usaha pemadaman dengan cara manual dan mobil air milik PT. Wana Sari Nusantara (WSN).

Dan sekira pukul 20.00 WIB, unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sebanyak 3 unit, dan langsung melakukan pemadaman terhadap api yang menghanguskan rumah warga tersebut.

Personil Kepolisian Sektor Singingi Hilir, dikerahkan bersama warga dan petugas Damkar melakukan upaya untuk memadamkan api yang membakar rumah dan gudang milik warga tersebut, kata Kapolsek.

Kapolsek mengatakan, sekira pukul 21.15 WIB api berhasil dipadamkan, situasi terdapat dalam kondisi aman dan terkendali. 
"Kerugian materil yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut ditafsir sebesar Rp. 500.000.000,- ( Lima ratus juta rupiah ). 
Dan tidak ada korban jiwa," terang Kapolsek.**






Tulis Komentar