Ganasnya Si Jago Merah, Empat Rumah Milik Warga Dilalap HabisTak Bersisa

Teluk Kuantan, KilasRiau.com
Empat unit rumah warga di RT 16 / RW 03 ditepi jalan poros depan Pasar lama F6 Desa Air Mas Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau ludes dilalap sijago merah dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu (21/04/2021) malam.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Henky Poerwanto, S.I.K.,M.M melalui Paur Subbag Humas Polres AKP Ipda J.L. Tobing kepada KilasRiau.com pada Kamis (22/04/2021) di Teluk Kuantan, membenarkan peristiwa tersebut.

"Iya, ada empat rumah warga yang terbakar api dalam kebakaran yang terjadi pada saat berbuka puasa kemarin (Rabu, 21/04/2021) di Pasar lama F6 Desa Air Mas, Kecamatan Singingi," kata Paur Subbag Humas Polres Kuansing AKP J.L. Tobing, membenarkan.

Dan di tempat terpisah, Kapolsek Singingi AKP Asdisyah Mursyid, S.H juga membenarkan hal yang sama ketika di konfirmasi KilasRiau.com pada Kamis (22/04/2021) malam di Singingi.

Menurut Kapolsek Singingi kejadian kebakaran rumah warga di depan Pasar lama F6 Desa Air Mas Kecamatan Singingi ini pertama kali diketahui oleh salah seorang pedagang yang tengah berkemas barang jualannya di kawasan pasar tersebut.
Dimana api pertama sekali terlihat berasal dari rumah warga yang bernama Hari (45), pada Rabu (21/04/2021) sekira pukul 18.20 WIB, pas saat beduk berbuka puasa berbunyi.

"Menurut keterangan saksi saudara Ramon (35) menjelaskan bahwasanya pada saat kejadian dia masih berkemas barang jualan nya untuk persiapan berbuka puasa, kemudian saudara Ramon melihat ada asap hitam dari rumah kak Ndut / saudara Hari (45)(suaminya), dan tak lama barulah muncul api besar," kata Kapolsek Singingi AKP Asdisyah Mursyid, S.H menceritakan kepada KilasRiau.com kronologis kejadiannya.

Setelah itu sambung Kapolsek, saksi atas nama Ramon (35) yang berdagang di pasar tersebut memberitahukan kepada warga yang lainnya bahwa terjadi kebakaran tersebut.

"Kemudian saudara Ramon berteriak meminta tolong, baru lah warga sekitar rumah keluar dan berusaha memadamkan api tersebut dengan alat seadanya seperti ember, dan sebagainya. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," tutur Kapolsek menerangkan.

Adapun pemilik rumah warga yang hangus terbakar sebanyak 4 unit rumah tersebut, yakni atas nama Adi Mustar (40), Hari (45), Hasan Basri (63), dan Sudirman Has (66).

Selain empat unit rumah warga yang terbakar hangus tersebut, kata Kapolsek Singingi, dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu malam itu juga ada sebanyak 2 rumah warga sengaja dirusak guna memutuskan penyebaran api, yakni rumah saudara atas nama Adi Kurniawan (37) dan rumah Muhtaromah (56).

"Hal itu dilakukan untuk memutuskan penyebaran api, agar api tidak menyebar lebih luas lagi ke rumah rumah warga lainnya," ungkapKapolsek menjelaskan.

Namun sejauh ini, kata Kapolsek, penyebab terjadi nya kebakaran tersebut, diduga karena Korsleting listrik. 
Yang mengakibatkan kebakaran ini terjadi, "Kerugian material akibat kebakaran ini diperkirakan sebesar Rp. 900.000.000,- (Sembilan ratus juta rupiah)," kata Kapolsek memperkirakan.

Warga dan juga dibantu oleh 3 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah kabupaten Kuantan Singingi dikerahkan, dan 2 unit mobil tangki yang berkapasitas 1 ton air milik perusahaan, juga berada di tempat peristiwa kebakaran terjadi guna untuk membantu pendinginan lokasi pasca kebakaran.

Pasca kebakaran tersebut, sudah dilakukan olah TKP oleh Team Identifikasi Polisi resor Kuantan Singingi yang dipimpin Ipda Bambang dan anggota, tutup AKP Asdisyah Mursyid.**(ald)






Tulis Komentar