Riau Penyumbang Hotspot Terbanyak untuk Sumatera

PEKAN BARU, KILASRIAU.com - Sebanyak 36 titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera, Jumat (24/8/2018). Pantauan Satelit modis Terra dan Aqua, hotspot tersebar di 6 wilayah.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Sukisno mengatakan Riau masih menjadi penyumbang hotspot untuk wilayah Sumatera.

"Bahkan Riau menjadi wilayah penyumbang hotspot terbanyak untuk Sumatera," ujar Sukisno.

Ia mengatakan adapun hotspot tersebar di Bangka Belitung 2 titik, Lampung 1 titik, Sumatera Barat 2 titik, Sumatera Selatan 3 titik, Bangka Belitung 2 titik dan Riau 26 titik.

"Adapun 26 hotspot yang ada di Riau tersebar di Rohil 14 titik, Bengkalis 5 titik, Dumai 4 titik, Rokan Hulu 1 titik, Siak 1 titik dan Pelalawan 1 titik," cakapnya.

Lanjut Sukisno, bahkan dari 26 hotspot yang ada di Riau, 19 diantaranya memiliki level confidence di atas 70% yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran lahan dan hutan.

"Adapun 19 titik tersebut berada di Rohil 11 titik, Bengkalis 2 titik, Dumai 4 titik, Pelalawan 1 titik dan Rohul 1 titik," ungkapnya.

Untuk itu BMKG terus mengubah masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Sumber : Cakaplah.com

Editor : Man






Tulis Komentar