Covid-19 Belum Usai, Inhil Dihadapkan dengan Persoalan Karlahut

KILASRIAU.com - Belum hilang masa pandemi covid 19, Kabupaten Inhil dihadapkan dengan persoalan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi di Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil.

Perstiwa ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Inhil Yuspik saat di konfirmasi langsung KILASRIAU.com melalui via selularnya mengatakan bahwa pada hari Minggu (14/02/2021) terlah terjadi kebakaran karlahut di Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung.

"Ya, peratiwa kebakaran tersebut kami terima dari masyarakat bersama TNI-Polri yang berada di wilayah tersebut bahawa lahan yang terbakar masih bisa diatasi," kata Yuspik, Selasa (16/02).

Kepala BPBD Inhil Yusfik menuturkan bahwa lahan yang terbakar ini merupakan kebun masyarakat yang ditanami pohon kelapa dan saat ini tim telah melakukan proses pendinginan yang dibantu masyarakat beserta TNI-Polri.

"Tim yang kita berangkatkan sebanyak 12 orang dan telah berada disana kurang lebih dua hari. Kita juga menerima informasi hari ini dan sekarang masih berlangsung proses pendinginan dan ditargetkan akan selesai hari ini juga," terang Yusfik.
 
Terakhir Kepala BPBD Inhil Yusfik mengimbau kepada seluruh masyarakat Inhil agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena itu akan memberikan dampak kebakaran. Jadi perlu adanya kerja sama seluruh instansi untuk sama-sama mengingatkan masyarakat agar tidak membakar lahan apa lagi saat ini telah memasuki musim kemarau.

"Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Lahang Hulu ini di perkirakan ada tiga hektar dan penyebabnya masih dalam proses penyelidikan. Maka dari itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan," imbuhnya. (SR)






Tulis Komentar