Registrasi SNMPTN Mulai Dibuka 4 Januari, Lihat Informasi Selengkapnya  

KILASRIAU.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumuman Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 untuk setiap sekolah pada situs laman resmi LTMPT sejak 28 Desember lalu.

Hal ini disampaikan langsung ketua LTMPT Mohammad Nasih bahwa telah mengumuman Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.


“Kuota trsebut didasarkan data yang diambil dari Pusdatin Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan per tanggal 23 Desember 2020,” kata ketua LTMPT Mohammad Nasih.

Lebih lanjut Nasih menuturkan siswa bisa melihat kuota masing-masing sekolah melalui laman resmi LTMPT di https://ltmpt.ac.id dengan memilih menu SNMPTN lalu klik sub menu Kuota Sekolah.

"Siswa bisa melihat kuota jumlah peserta dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau berdasarkan lokasi.
Untuk mlihat kelengkapan/kevalidan data dapat dilihat di dashboard https://pd.data.kemendikbud.go.id/ltmpt/. Jika data sudah tepat, pihak sekolah dapat melanjutkan proses selanjutnnya  pada halaman https://portal.ltmpt.ac.id mulai 4 Januari," jelasnya.

Adapun masa sanggah dan selesai perbaikan data dapat dilakukan sampai tanggal 15 Januari 2021, pukul 15.00 WIB. Cara sanggah dan peraikan melalui halaman http://vervalsp.data.kemendikbud.go.id dengan akun operator sekolah. Persyaratan SNMPTN 2021 Siswa SMA/MA/SMK kelas akhir yang memiliki NISN dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PSDD) serta memiliiki prestasi unggul.

"jadi peserta yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing Perguruan Tinggi Penerima (PTN). Memiliki nilai rapor semester 1 sampa 5 yang telah diisi di PSDD Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) akan dimulai pada 4 Januari 2021, selanjutnya mulai hari yang sama hingga 1 Februarti 2021 merupakan priode untuk registrasi akun LTMPT, dan Untuk pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN akan diumukan di laman resmi Perguruan Tinggi Penerima," tutupnya.

Berikutnya, pada 4 Januari - Februari 2021 juga berlangsung penetapan siswa yang eligible oleh sekolah. Setelah itu melakukan tahap pengisian PDSS mulai 11 Januari – 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPT dijadwalkan mulai 15 – 24 Februari 2021 dan hasil SNMPTN akan diumumkan pada 22 Maret 2021.






Tulis Komentar