Hasil ISPU di Angka 169, Kadiskes : Kualitas Udara di Inhil Tidak Sehat

KILASARIAU.com  - Berdasarkan hasil pemeriksaan Indeks standar pencemaran Udara (ISPU) oleh Balai Teknis Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kota Batam, kualitas udara Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) khususnya Tembilahan sekitar cukup mengkhawatirkan.

Hal ini disampaikan Oleh Pemerintah Daerah melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil di halaman kantor Bupati Inhil, Jalan Akasia No.1, Rabu (28/8/2019).

“Hasil pemeriksaan terakhir, pukul 04.22 – 05.22 WIB di Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Jalan M. Boya Tembilahan, menunjukan angka 169 atau masuk dalam kategori Tidak Sehat," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, Zainal Arifin, S.KM, M.Kes.

Hasil ISPU ini diperoleh Dinkes Inhil setelah berkoordinasi dengan Balai Teknis Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kota Batam untuk memeriksa kualitas udara di Kabupaten Inhil.

“Kita datangkan dari BTKL PP Batam. Kondisi udara masih berfluktuasi, dari kondisi udara sedang sampai dengan tidak sehat,” terangnya.

Lebih lanjut Kadiskes mengatakan BTKL Kota Batam memang sengaja dihadirkan untuk membantu mengukur kualitas udara di Inhil karena tidak berfungsinya alat ISPU yang ada saat ini.

“Hasil pemeriksaan yang mencapai angka 169 ini tentu saja harus menjadi perhatian khusus bagi kelompok rentan untuk diliburkan aktivitasnya berdasarkan surat edaran Bupati Inhil H.M Wardan," tambahnya. 

Berdasarkan surat edaran Bupati Inhil tentang dampak bahaya asap, kelompok khusus (rentan) seperti PAUD, TK, SD, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, masyarakat dengan penyakit jantung kronis dan kelompok masyarakat dengan usia lanjut atau lebih dari 55 tahun bisa diliburkan jika ISPU menunjukan angka lebih dari 150 atau tidak sehat karena bahaya dan mengancam kesehatan.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Surveilans Balai Teknis Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kota Batam, Rencana Tarigan, SSi M.Kes  mengatakan pemeriksaan dilakukan di beberapa titik lokasi, mulai dari halaman Dinas Kesehatan, halaman Kantor Bupati, halaman Puskesmas Sungai Salak, dan terakhir di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tembilahan.

“Dari pemeriksaan di semua titik ini, hasilnya akan kami serahkan ke pemerintah Kabupaten Inhil, melalui Dinas Kesehatan, hasil terakhir ISPU  di Kantor Kesehatan Pelabuhan, jam 21.46 wib di angka 67 yaitu kategori sedang”, ungkap Rencana Tarigan


Untuk diketahui, pihaknya yang turun langsung ke lepangan tidak hanya memeriksa kualitas udara, tapi juga memberikan masker sebanyak 4.000 pcs untuk masyarakat Inhil. 

 






Tulis Komentar