Dovizioso Menang Dramatis Atas Marquez di let Terakhir

MotoGP Austria 2019 berlangsung menarik. (AP Photo/Kerstin Joensson)

KILASARIAU.com - Pebalap Ducati Andrea Dovizioso mengalahkan Marc Marquez di tikungan terakhir pada balapan MotoGP Austria 2019 di Sirkuit Red Bull Ring, Ahad (11/8/2019).

Start menarik terjadi setelah Marquez dan Dovizioso nyaris bersenggolan di tikungan ketiga. Insiden itu membuat kedua pebalap melebar dan menguntungkan Fabio Quartararo serta Alex Rins untuk memimpin balapan.

Lap pertama berakhir dengan Quartararo memimpin balapan, disusul Dovizioso, Jack Miller dan Marquez. Valentino Rossi memulai balapan dengan impresif setelah naik lima posisi ke peringkat lima usai lap pertama.

Perubahan posisi baru terjadi pada lap keenam setelah Dovizioso dan Marquez berhasil menyalip Quartararo yang kesulitan di trek lurus. Persaingan ketat Dovizioso dan Marquez di posisi terdepan pun kembali terjadi.

Drama terjadi di lap sembilan. Miller mengalami kecelakaan di tikungan sembilan yang membuat Rossi berhasil naik ke posisi empat. Di tikungan berikutnya Marquez berhasil menyalip Dovizioso. Kedua pebalap bahkan sempat nyaris bersenggolan lagi.

Persaingan di depan mulai mengerucut ke Marquez vs Dovizioso saat balapan memasuki lap ke-13. Kedua pebalap itu sudah unggul lebih dari dua detik atas Quartararo di posisi ketiga. Rossi juga kesulitan mengejar Quartararo untuk merebut podium terakhir.

Dovizioso terus memberi tekanan Marquez. Hingga sepuluh lap tersisa, kedua pebalap hanya terpaut 0,2 detik. Satu lap kemudian Dovizioso akhirnya berhasil melewati Marquez di trek lurus memasuki tikungan pertama.

Memasuki lima lap terakhir, Dovizioso dan Marquez hanya terpaut 0,1 detik. Sementara Quartararo di posisi ketiga terpaut lebih dari empat detik. Pebalap asal Perancis itu nyaman di posisi ketiga setelah unggul lebih dari dua detik atas Rossi.

Marquez mulai melakukan serangan di tiga lap terakhir. Pebalap asal Spanyol itu berhasil melewati Dovizioso di tikungan delapan, tapi Marquez kembali tertinggal di tikungan sembilan.

Marquez kemudian memimpin balapan hingga Dovizioso berhasil menyalip di tikungan terakhir untuk menjadi pemenang MotoGP Austria 2019. Posisi ketiga ditempati Quartararo.

Kemenangan Dovizioso atas Marquez di tikungan terakhir juga pernah terjadi pada MotoGP Austria 2017.

Hasil MotoGP Austria 2019:

1. A. DOVIZIOSO 39 menit 34,771 detik

2. M. MARQUEZ +0.213
3. F. QUARTARARO +6.117
4. V. ROSSI +7.719
5. M. VINALES +8.674
6. A. RINS +8.695
7. F. BAGNAIA +16.021
8. M. OLIVEIRA +16.206
9. D. PETRUCCI +17.350
10. F. MORBIDELLI +20.510






Tulis Komentar