Pembawa Anjing ke Masjid Punya Riwayat Sakit Jiwa

Perempuan pembawa anjing masuk ke dalam masjid memiliki riwayat sakit jiwa. Foto: tangkapam layar video

KILASRIAU.com - Kasus perempuan yang membawa anjing masuk ke dalam masjid Al Munawaroh sudah menjalani pemeriksaan kejiwaan. Polisi pun menyatakan bahwa perempuan tersebut memiliki riwayat sakit jiwasebelumnya.

"Jenis sakit jiwa stadium berapa nanti dokter ahli yang sampaikan. Tapi memang sudah ada riwayat. Tapi nanti dirawat dulu gimana. Sembuh apa enggak nanti akan disampaikan ahlinya," ujar Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, seperti yang diberitakan detik.com

Secara hirarki, gangguan kejiwaan memiliki tingkatan-tingkatan yang membedakan jenis-jenisnya. Kepada detikHealth, psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor menyebutkan setidaknya ada lima tingkatan, yaitu:

1. Gangguan mental organik

Gangguan mental organik adalah gangguan jiwa paling tinggi secara hirarki. Gangguan ini ditandai dengan gangguan fisik atau didasari adanya penyakit yang menyebabkan terganggunya fungsi mental seseorang.

"Misalnya ada trauma kepala akibat kecelakaan fatal yang menyebabkan adanya perdarahan di otak, itu bisa menyebabkan gangguan mental juga. Atau pasien demam tinggi, mentalnya terngganggu, ngomongnya kacau," ujarnya dr Lahargo. 

2. Gangguan mental dan perilaku akibat zat psikoaktif

Gangguan ini disebabkan karena pemakaian narkoba, ekstasi, ganja, atau obat psikotropika. Pemakaian zat psikoaktif ini bisa menyebabkan perubahan kondisi mental seseorang.

3. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan dalam menilai realitas, tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak. Gangguan ini juga memiliki level dari yang paling tinggi hingga ke rendah.

"Biasanya nggak bisa bedain yang nyata dan nggak, halusinasi, waham, delusi," imbuh dr Lahargo.

4. Gangguan mood

Gangguan mood merupakan gangguan suasana hati. Gangguan mood juga memiliki beberapa macam, salah satunya depresi. Depresi adalah kondisi mood yang menurun menyebabkan kesedihan yang mendalam dan tidak bersemangat. Bahkan bisa memicu keinginan bunuh diri.

Selain depresi, bipolar juga termasuk dalam gangguan mood. Bipolar disebut dr Lahargo sebagai mood swing atau suasana hati berayun.

"Suatu waktu energinya berlebih, tapi lain waktu bisa depresi dan suasana hatinya menurun," jelasnya.

5. Gangguan cemas (anxiety)

Gangguan cemas ini ditandai dengan adanya kecemasan atau kekhawatiran berlebih dalam meniali kehidupan. Gangguan ini termasuk gangguan panik dan phobia.
 






Tulis Komentar