Liga Spanyol: Barcelona Takluk di Markas Celta Vigo

Barcelona tumbang 0-2 di markas Celta Vigo dalam lanjutan Liga Spanyol. (Foto: Miguel Vidal / Reuters)

KILASRIAU.com - Barcelona menderita kekalahan pasca mengunci titel juara Liga Spanyol 2018/19. Melawat ke markas Celta Vigo, Barca menyerah dengan skor akhir 0-2.

Pada pertandingan di Stadion Balaidos, Minggu (5/5/2019) dinihari WIB, Barca mengistirahatkan hampir seluruh pemain utamanya. Mengingat di tengah pekan depan, Los Cules akan menghadapi laga penting saat melawat ke markas Liverpool di semifinal leg II Liga Champions.

Kedua tim bermain sama kuat tanpa gol di sepanjang babak pertama. Kemenangan Celta baru ditentukan di paruh kedua dengan gol-gol dari Maximilliano Gomez dan penalti Iago Aspas.

Berkat kemenangan ini, Celta naik ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan perolehan 40 poin hasil 36 pertandingan. Celta berjarak lima poin dari Real Valladolid di zona degradasi. Sementara Barca mengumpulkan 83 poin. 

Celta kemudian terus menggempur pertahanan Barca. Di menit ke-56, tendangan bebas Boufal dari sayap kiri meluncur ke sudut atas gawang, tapi bola tidak cukup melengkung sehingga meleset.
Jalannya Pertandingan

Barcelona memperoleh peluang pertama dari sepak pojok di menit kedua. Bola meluncur ke tiang dekat untuk disundul Carles Alena kepada Moussa Wague, tapi sebelum sampai tujuan Ruben Blanco sudah mencegat.

Celta kesulitan untuk menguasai bola di menit-menit awal pertandingan ini dan dipaksa bertahan. Meski begitu, tim tuan rumah justru berhasil menciptakan peluang nyata di menit kesembilan.

Sebuah bola panjang dari Blanco diterima Maximiliano Gomez yang berlari di dalam kotak. Si penyerang menyambut bola dengan tembakan first-time, tapi masih melenceng dari tiang gawang.

Celta berangsur-angsur semakin nyaman menguasai bola. Iago Aspas cs kemudian mulai mengalirkan bola lebih cepat untuk membuka celah di pertahanan Barcelona.

Di menit-menit akhir babak pertama, Barca menciptakan ancaman ke gawang Celta. Wague menusuk dari sisi kanan, sebelum melepaskan tembakan yang bisa dihalau Blanco.

Celta kemudian merespons. Dari sepak pojok, Aspas mengirim bola ke tengah kotak penalti yang ditanduk Nestor Araujo meski masih mengarah ke Jasper Cillessen.

Selepas turun minum, sundulan Gustavo Cabral hasil sepak pojok Sofianne Boufal diselamatkan Cilessen. Bola rebound mengarah kepada Araujo untuk diceploskan ke gawang Barca. Namun, gol tersebut akhirnya dianulir setelah wasit memeriksa melalui VAR karena Araujo terbukti offside.
 


Semenit kemudian, Boufal mengancam lagi. Bufal menggocek bola dari sayap kiri sebelum melakukan tembakan melengkung ke sudut atas gawang. Bola masih melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah. Di menit ke-67, Celta menjebol gawang Barca untuk memimpin 1-0. Umpan silang Boudebouz diterima Gomez untuk diselesaikan dengan tembakan ke sudut bawah gawang.

Pemain pengganti Brais Mendez nyaris menciptakan dampak instan. Hanya lima menit setelah masuk ke lapangan, Mendez melepaskan tembakan melengkung ke tiang dekat tapi masih melebar.

Celta mengklaim penalti pada lima menit terakhir sebelum waktu normal habis. Wasit memeriksa VAR, sebelum menunjuk titik putih. Aspas maju sebagai eksekutor, dan berhasil mengecoh Cillessen untuk memperbesar keunggulan Celta menjadi 2-0 di mentit ke-88.

Di sisa waktu permainan, Barca tak mampu menciptakan gol balasan. Skor 2-0 untuk keunggulan Celta bertahan hingga laga bubar.

Susunan Pemain

CELTA VIGO: Ruben Blanco, Cabral, Hugo Mallo, Araujo, Olaza, Boudebouz (Jouzabed 85'), Yokuslu, Lobotka, Boufal (Mendez 71'), Aspas, Gomez (Beltran 90+1')

BARCELONA: Cilessen, Vermaelen, Umtiti, Wague, Todibo (Murillo 68'), Arthur Melo (Vidal 62'), Carles Alena, Riqui Puig, Boateng, Dembele (Collado 6'), Malcom 






Tulis Komentar