Bisa Push Up 40 Kali Tanpa Ngos-ngosan, Tandanya Anda Aman dari Serangan Jantung

Push up sebanyak 40 kali tanpa terputus menandakan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Foto: iStock

KILASRIAU.com - Salah satu gerakan olahraga sederhana bisa memprediksi risiko penyakit jamtung. Push up sebanyak 40 kali tanpa terputus menandakan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di Harvard's T. H. Chan School of Public Health in Boston. Para ilmuwan melibatkan 1.100 pria pemadam kebakaran dalam penelitian ini, dan dipantau secara berkelanjutan selama 10 tahun.

"Memakai push up bisa menjadi metode simpel dan murah untuk menilai kapasitas fungsional seseorang dan memprediksi risiko masalah kardiovaskular," kata Dr Justin Yang yang memimpin penelitian ini, dikutip dari Reuters.

Dalam penelitian ini, Yang menganalisis data kesehatan 1.104 pemadam kebakaran di Indiana antara tahun 2002-2007. Selain mengamati kemapuan push up, ia juga menganalisis berbagai faktor kebugaran lain termasuk VO2max atau kapasitas vital paru-paru.

Salah satu kekuatan dalam penelitian ini menurut Kerry Stewart, profesor fisiologi olahraga dari Johns Hopkins School of Medicine di Baltimore, adalah benar-benar mengukur kekuatan dan bukan aktivitas yang dilaporkan sendiri.

"Anda harus sangat fit untuk bisa melakukan push up sebanyak itu," kata Stewart.






Tulis Komentar