DISTRIBUSI KIS PESERTA PBI APBN MELALUI PKH

Foto: Istimewa

KILASRIAU.com – BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan mengadakan kegiatan distribusi KIS bagi peserta PBI APBN Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (13/02/2019).

Kegiatan yang dilaksankan di Ruang Rapat Kantor Cabang Tembilahan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial, Kepala Seksi Perlindungan Jaminan Sosial dan seluruh Pendamping Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Indaragiri Hilir.

Dalam sambutannya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial, dan Pemerintah Daerah Indragiri Hilir. “Pada hari ini kita melakukan penyerahan KIS, nanti kita mohon juga supaya diberi pembekalan dari para Kepala Bidang, supaya Pendamping Keluarga Harapan (PKH) bisa menjelaskan kepada masyarakat hak dan kewajiban. Dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan kepada PKH bahwa BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan telah meletakkan Dropbox disetiap kecamatan.

Dropbox ini berfungsi sebagai salah satu kanal pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS untuk segmen PBPU, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengantri lama di Kantor BPJS Kesehatan,” ujar Dahidin selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan.

Dalam pelaksanaan distribusi KIS bagi peserta PBI-APBN, BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir. Kondisi geografis Kabupaten Indragiri Hilir terdiri dari 20 Kecamatan dan beberapa diantaranya berada di pulau dan perairan (Pulau Burung, Pulau Kijang, Pulau Guntung, dll).

Pendistribusian KIS melalui Dinas Sosial adalah pilihan yang sangat tepat karena tugas Dinas Sosial adalah melaksanakan urusan Pemerintah Bidang Sosial yang menjadi kewenangan daerah dan tugas mulia ini yang ditugaskan oleh Kepala Daerah.

Kegiatan distribusi KIS yang melibatkan Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir bukanlah yang pertama kali yang dilakukan. Kerjasama ini juga sudah dilakukan pada tahun 2016.

Jumlah PBI APBN saat ini tercatat sejumlah 363.185 jiwa yang terdiri 180.927 jiwa di Kabupaten Indragiri Hilir, 105.347 jiwa di Kabupaten Indragiri Hulu, dan 76.911 jiwa di Kabupaten  Kuantan Singingi per tanggal 31 Desember 2018.

“Harapan saya kedepannya lebih bagus dan lancar dalam pendistribusian KIS agar BPJS Kesehatan dan masyarakat terbantu dengan menurunkan orang Pendamping Keluarga Harapan (PKH) yang dikontrak oleh Kementrian Sosial, untuk mendistribusikan KIS kedaerah sesuai dengan alamat yang dititip oleh BPJS Kesehatan lalu menandatangani serah terima setiap peserta,” ujar Sulaiman selaku Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial.

Diakhir acara dilakukan penandatangan kerja sama antara Dinas Sosial, Pendamping Keluarga Harapan dan BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan demi kelancaran pendistribusian KIS, ketepatan waktu serta dapat dipertanggung jawabkan ke pemerintah pusat.






Tulis Komentar