Muskocab Haram! PJ.Ketum Kohati dan Steering Comite Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan Tidak Membenarkan Adanya Forum Muskocab Tandingan Oleh Pihak Yunsri Putri

Steering Comite (SC) Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan, Sri Devi

KILASRIAU.com - Musyawarah Kohati (MUSKOCAB) ke IX telah sukses di laksanakan oleh Pengurus Korps HMI-Wati (Kohati) Cabang Tembilahan dengan menetapkan Palma Riana terpilih sebagai Formateur/Ketua Umum Korps HMI-Wati (KOHATI) Cabang Tembilahan Periode 2024-2025, pada Musyawarah Kohati (Muskoh) ke-IX yang digelar di sekretariat HMI Cabang Tembilahan, Jl.Tanjung Harapan, Tembilahan pada Minggu (10/03/2024) yang lalu.

Namun, selang beberapa hari kembali muncul nama Yunsri Putri yang menyatakan secara aklamasi sebagai Formatuer/Ketua Umum Kohati Periode 2024-2025 yang ditetapkan di jalan Soebrantas GG. Akasia, Senin 11 Maret 2024.

Melihat hal tersebut Steering Comite (SC) Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan, Sri Devi tidak membenarkan forum yang dilakukan oleh Yunsri Putri atau pihaknya tersebut. Sebab forum Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan telah resmi selesai dilaksanakan pada Ahad, 10 Maret 2024.

"Saya selaku SC tidak membenarkan apa yang dilakukan oleh Yunsri Putri atau pihaknya tersebut dengan membuat forum Muskocab tandingan yang tentu itu merupakan forum yang tidak resmi dan menyalahi aturan serta melanggar mekanisme organisasi. Saya katakan bahwa itu adalah forum haram yang sangat merusak stabilitas organisasi," kata Sri Devi  dengan tegas, Rabu (13/4/24).

Lebih lanjut, Steering Comite (SC) Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan, Sri Devi menuturkan bahwa forum secara resmi dibuka pada tanggal 24 Februari 2024. Pendaftaran bakal calon ketua umum Kohati Cabang Tembilahan pun telah mulai di buka pada 24-26 Januari 2024. Akan tetapi, disebabkan beberapa kendala dalam proses Muskocab, SC dan Panitia kemudian memperpanjang masa pendaftaran menjadi 8-9 April 2024.

Kemudian, lanjut Steering Comite (SC) Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan, Sri Devi  menjelaskan, usai ditutupnya masa pendaftaran dan menyeleksi berkas, keluar dua nama calon yang bersaing memimpin Kohati Cabang Tembilahan, yakni Palma Riana dari Komisariat Fiai Unisi dan Yunsri Putri dari Komisariat Ekonomi Unisi. Dan forum dilanjutkan pada tanggal 9 Maret 2024 yang berakhir pada dini hari, Ahad 10 Maret 2024 di sekretariat HMI Cabang Tembilahan.

"Dalam berjalannya forum, kandidat atas nama Yunsri Putri tidak hadir dalam forum pleno dan Muskocab pun di menangkan oleh Palma Riana dengan membawa lima suara kohati komisariat, diantaranya Komisariat Hukum Unisi, Komisariat IAI ArRisalah, Komisariat STAI Auliaurrasyidin, Komisariat FTIK Unisi dan Komisariat FIAI Unisi," tuturnya.

Sementara itu, Pj.Ketua Umum Kohati Cabang Tembilahan, Shinta Yulia Andini juga membenarkan apa yang disampaikan oleh SC. Bahwa forum resmi telah selesai dilaksanakan oleh Kohati Cabang dan Palma Riana telah sah terpilih sebagai Formateur/Ketua Umum Kohati Cabang Tembilahan Periode 2024-2025.

"Saya selaku PJ. Ketua Umum Kohati yang bertanggung jawab atas Musyawarah Kohati dan telah berkoordinasi dengan SC sudah melakukan yang terbaik untuk bagaimana proses Muskocab dapat berjalan dengan lancar. Yang pada akhirnya forum Muskocab pun dapat dilaksanakan dengan hasil-hasil yang sudah ditempuh sesuai mekanisme melalui musyawarah mufakat. Namun Yunsri Putri tidak menghadiri forum tersebut dan tiba-tiba saja membuat forum Muskocab tandingan, yang tentunya itu telah mengangkangi organisasi tercinta kita ini," tuturnya.

Shinta juga berharap Kohati Cabang lebih diperhatikan agar dapat berjalan lebih baik kedepannya sehingga menjadi wadah intelektual perempuan muda dalam berdikari

"Saya merasa miris sekali melihat tindakan seperti itu. Disisi lain saya menyadari bahwa dalam sisi kemanusiaan, tentunya kami juga terdapat kelemahan dan kekurangan, namun hal itu tidaklah menyurutkan semangat kami untuk senantiasa berbuat yang terbaik untuk Himpunan, dan di Kohati pada khususnya. Oleh karena itu, saya berharap agar Kohati lebih diperhatikan, jangan hanya karena pesona kekuasaan atau ladang kepentingan sehingga Kohati Cabang lalu ditinggalkan begitu saja. Kita sama-sama berproses, marilah kita jadikan Kohati sebagai wadah kita menempa diri menjadi perempuan tangguh dan bertanggung jawab," imbuhnya.

Dimana sebelumnya bahwa dilansir dari sebuah media online, indorazkaa.com pada tanggal 12 Maret 2024, Yunsri Putri atau pihaknya mengklaim bahwa telah menang dalam forum Muskocab ke-IX HMI Cabang Tembilahan 2024.

Pengurus Korps HMI-Wati (Kohati) Cabang tembilahan dengan menetapkan Yunsri Putri secara aklamasi sebagai Formatuer/Ketua Umum Kohati Periode 2024-2025 berlokasi di jalan Soebrantas GG. Akasia, Senin 11 Maret 2024.

Muskocab Korps HMI-WATI Cabang Tembilahan di hadiri 5 Komisariat Penuh, di antaranya Ekonomi, Pertanian, STAI, Hukum dan FTIK.

Ketua Panitia Muskocab, Mona mengatakan Muskocab Cabang berjalan dengan cukup alot tanpa adanya gangguan dan sudah sesuai dengan PDK Kohati serta Ad/Art HMI, dengan dihadiri langsung oleh perwakilan-perwakilan Kohati Komisariat dan menetapkan Yunsri Putri sebagai Formateur periode 2024-2025 secara Aklamasi

Sebelum Pleno berjalan terlebih dahulu kami melakukan verifikasi pemberkasan dan setelah di rasa semuanya lengkap barulah di lanjutkan pleno dengan dihadiri oleh 5 Ketua Umum Kohati Komisariat di antaranya Ekonomi, Pertanian, STAI, Hukum dan FTIK.

“Alhamdulillah Muskocab telah sukses di gelar dan ditetapkan Yunsri Putri sebagai Formatur/Ketua Umum Kohati terpilih HMI Cabang Tembilahan oleh presidium sidang I kemudian presidium II dan presidium III,” tutup Monalisa selaku Ketua Panitia Musyawarah Kohati Cabang Ke-IX. **






Tulis Komentar