Kapolsek Tembilahan Bentuk Satkamling Pemilu Damai 2024

Masyarakat bersama anggota Polsek Tembihan memasang spanduk Pos Satkamling Pemilu Dami 2024 di RT 01 RW 16 Kelurahan Tembilahan Kota, Kamis (11/01/2024) malam.

KILASRIAU.COM, TEMBILAHAN - Seorang anggota Polri berpangkat 1 balok emas dengan gagah dan berwibawa menjumpai tokoh Masyarakat bertujuan membentuk Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan).

Ialah IPDA Danu Hidayat yang baru saja dilantik sebagai Kapolsek Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau itu memberikan pemahan kepada Masyarakat tentang tugas dan fungsi Satkamling jelang Pemilu 2024.

Dalam dialog pembentukan Satkamling, IPDA Danu Hidayat bersama Masyarakat Jalan Pangeran Hidayat RT 03, RT 04 dan RW 07 Kelurahan Tembilahan tampak akrab dan gembira, Kamis (11/01/2024).

"Semoga pembentukan Satkamling ini mampu menciptakan lingkungan yang kondusif," kata IPDA Danu Hidayat didampingi Bripka Andi Fitriadi.

Putra asli Tembilahan itu mengatakan, di tengah hiruk pikuk jelang pelaksanaan Pemilu 2024, pihak kepolisian dituntut untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kami dituntut untuk menciptaka kamtibmas jelang pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang," 

Maka dari itu, sambungnya, Polsek Tembilahan menginisiasi pengaktifan Satkamling dibeberapa titik di ibu Kota Tembilahan sebagai barometer suksesnya upaya kamtibmas di Negeri Hamparan Kelapa Dunia (julukan Inhil).

Bripka Andi Fitriadi berfoto bersama tokoh Masyarakat usai berdialog tentang Satkamling, Jumat (12/01/2024).

IPDA Danu Hidayat mengatakan, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan keamanan terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

"Pembentukan Satkamling Pemilu Damai ini pertama di Riau. Bahkan kami akan membekali bergol kepada Hansip yang bertugas," sebutnya.

Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW Kelurahan Tembilahan, diharapkan dengan kehadirannya mampu menjadi instrumen peringatan dini terhadap potensi kejahatan sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan secara cepat. 

Menanggapi pembentukan Satkamling, Ketua RT Kelurahan Tembilahan, H Fahrija (70) mengapresiasi semangat Kapolsek dalam merangkul masyarakat untuk bersinergi mewujudkan Pemilu Damai 2024.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya upaya Polsek Tembilahan," kata H Fahrija berujar.

Begitu juga tanggapan warga setempat, Cuandri (37), juga mendukung pembentukan Satkamling sebagai solidaritas warga bersinergi dengan Polri,  TNI dan pemangku kepentingan memelihara kamtibmas.

"Solida merupakan kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Damai," sebutnya.

 

Penulis: Muhammad Daud






Tulis Komentar