Sanggar Sri Mahkota Lingga Peringkat Ke-1 di Ajang Festival Bangsawan Se-Sumatera

Kilasriau.com, LINGGA - Sanggar Seni Sri Mahkota Lingga Memenangkan Juara 1 dalam Festival Teater Bangsawan Klasik tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Pariwisata, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil.

Kilasriau.com, LINGGA - Sanggar Seni Sri Mahkota Lingga Memenangkan Juara 1 dalam Festival Teater Bangsawan Klasik tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Pariwisata, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Indragiri hilir.

 

Pengumuman pemenang dilakukan pada Kamis malam, 21 Desember 2023.

Sebanyak 21 group bangsawan se-Sumatera yang mengikuti Festival teater bangsawan klasik yang diselenggarakan disparporabud inhil.
 

Tidak hanya menduduki peringkat ke 1 dalam festival ini,salah satu pemeran dalam lakonan bangsawan bertajuk Singgasana Berdarah, Nurhalifah terpilih dan memenangkan kategori pemeran wanita terbaik.
 

Bendahara Sri mahkota lingga sekaligus asisten sutradara dalam lakonan bangsawan bertajuk singgasana berdarah Agustiar mengatakan, rase bangge yang setinggi-tingginye ternyata bangsawan srimahkote lingge telah dianggap yang terbaik 1 pade fastival bangsawan se- sumatera tahun 2023,ucap agustiar.

 

“walaupun dari sisi sarana dan prasarana yang sangat sangat terbatas tapi tim telah dapat memberikan yang terbaik, harapan kedepan agar bangsawan yang sudah menjadi warisan budaya tak benda di kabupaten lingga, mendapat perhatian lebih dari pada para pemangku kebijakan, supaya bangsawan Melayu tak habis ditelan zaman amin”tutup agustiar.

 

Nurhalifah menambahkan, tentu sangat bersyukur atas pencapaian yang telah didapat sanggar sri mahkota lingga, dan saya berterimakasih kepada Alang dkk atas tunjuk ajarnya selama ini,,dan Semoga kesenian Bangsawan ini semakin berkembang dan menarik minat bagi anak-anak muda ke depannya agar kesenian Bangsawan ini tetap ada,ujar nurhalifah.
 

Menurut informasi dari rapat keputusan dewan juri Festival Teater Klasik Bangsawan se-Sumatera 2023 DESPARPORABUD Kabupaten Indragiri Hilir, selain Sanggar Sri Mahkota Lingga sebagai juara pertama, peringkat lainnya diisi oleh Sanggar Batin Sembilan, Bengkel Kreasi Production, Teater Rentak Bertuah, dan CMS Kalaborasi.
 

Di bawah ini adalah nama-nama pelaku seni dari Sanggar Sri Mahkota Lingga:

Pelakon Sanggar Sri Mahkota Lingga

1. Sultan: Murwanto Sadri
2. Permaisuri: Latifah Dahlan
3. Tengku Putri: Jelita Herpira Herman
4. Datok Bendahara: Ramlan H.Hitam Nuh
5. Datok Temenggung: Mustapa Hasan
6. Datok Menteri: Muhamad Yamin Malik
7. Datok Megat: Said Adri Said Adnan
8. Datok Bintare Dalam: Asrus Suardi
9. Panglime Kelane: Luki Andria Aripin
10. Panglime Kumbang: Hendra Muhammad Nuh
11. Jalak: Saharudin Auzar
12. Baruh: Miftahul Fikri Efendi
13. Anak Buah Panglime: Rizki Juliandi Abdullah
14. Kuntum: Nurhalifah Ibrahim
15. Bunge Kuntum: Nurmi Atan Kasim
16. Tok Guru: M. Tahir Bujang
17. Pengawal I: Sukri Alwahidin Zaenal
18. Pengawal II: Maulana Mustapa
19. Inang: Zaimah Idris
20. Dayang I: Safera Aulia Sabarani
21. Dayang II: Helza Julianda Putri

Penanggung Jawab : Kamarul Zaman
Sutradara : Ramlan H Hitam Noeh
Asisten Sutradara : Agustiar H Hitam Noeh
Penulis Naskah : Asrul Suardi
Penyunting Naskah : Murwanto Edem Derry






Tulis Komentar