Sardiyono Bantu Kelompok Ternak Tobek Indah, Buah Aspirasi Masyarakat

 

KOTO TALUK, KUANTAN SINGINGI -Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat khususnya Kabupaten Kuantan Singingi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, Sardiyono, A.Md, melalui dana APBD Provinsi sebagai buah aspirasi memberikan bantuan hewan ternak indukan sapi kepada kelompok ternak Tobek Indah Desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Senin (28/08/2023).

Bantuan yang diserahkan langsung kepada Kelompok Ternak Tobek Indah desa Koto Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, berjumlah 7 ekor sapi yang terdiri dari 6 ekor betina dan 1 ekor sapi jantan.

Legislator asal Gunung Toar itu mengatakan, bantuan yang diserahkan kepada peternak hewan di Kuansing sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat untuk dikembangbiakkan demi kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan ternak bibit sapi ini merupakan hasil perjuangan aspirasi masyarakat selama ini, semoga berkah dan dapat dimanfaatkan dengan baik,” begitu harap Sardiyono.

Baginya, potensi pasar daging sapi saat ini sangat terbuka lebar. Sehingga diperlukannya peningkatan populasi dan produksi komoditas peternakan sapi di kabupaten Kuantan Singingi.

Dikatakan Sardiyono, pengelolaan yang baik dapat memberikan dampak signifikan terutama dalam pemenuhan pasar komoditas peternakan sapi.

“Jadi, bantuan sapi ini diberikan untuk memajukan perekonomian rakyat. Memacu populasi ternak yang berujung peningkatan produksi ternak masyarakat, serta meningkatkan skala usaha rumah tangga peternakan di Kuantan Singingi,” ujarnya.

“Saya berharap, penerima bantuan rajin merawatnya, dan secara berkala melakukan pengawasan kesehatan, serta memberikan pakan yang cukup, agar ternak sapi tumbuh kuat dan sehat, sehingga berimbas pada peningkatan populasi ternak sapi serta pendapatan anggota kelompok tentunya,” kata Sardiyono.

"Ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Jagalah keutuhan kelompok dan jangan sampai berpecah belah setelah adanya bantuan ini," kata Sardiyono.

"Harapan saya, hal ini bisa mengubah perekonomian anggota kelompok menjadi meningkat dan lebih baik," tuturnya.

Disamping itu, kata Sardiyono lagi, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan ternak dari pemerintah, silahkan buat kelompok ternak dan ajukan melalui proposal ke dinas terkait sesuai dengan permintaan kelompok tersebut dan ikuti prosedur.

Selain dari bantuan-bantuan ternak, Sardiyono juga mengatakan adanya pelatihan-pelatihan untuk UMKM yang anggarannya juga dari APBD Provinsi, seperti halnya pelatihan service handphon atau pelatihan tata boga, dan UMKM sejenisnya.

"Awal September ini, kita akan adakan pelatihan service handphon yang digelar di Desa Sungai Keranji. Begitu juga dengan pelatihan pembuatan mebel/furniture yang juga InsyaaAllah di adakan setelah pelatihan service handphon ini. Bertempat, kalau tidak di Gunung Toar, insyaaAllah di Teluk Kuantan," demikian ungkap Sardiyono.

Di tempat terpisah, ketua kelompok ternak Tobek Indah, Hardiman mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten Kuantan Singingi yang telah memberikan perhatian terhadap masyarakatnya.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena atas kehendakNya kami dari kelompok ternak Tobek Indah dapat bantuan sapi," ucap Jang Diman, begitu panggilan sehari-harinya.

"Dan rasa terimakasih kepada dinas peternakan provinsi Riau serta dinas peternakan kabupaten Kuantan Singingi serta salam hormat kami dan rasa terimakasih kepada bapak Sardiyono bapak dewan kita yang telah membantu banyak," kata Jang Diman.

Jang Diman mengakui, "atas bantuan dan jerih payah pak Sardiyono lah, kelompok ternak Tobek Indah ini dapat bantuan sapi," demikian ungkap Jang Diman.(*)
 






Tulis Komentar