Kelompok Ternak Tobek Indah Desa Koto Taluk Dapat Bantuan Indukan Sapi


TELUK KUANTAN -  Kelompok Ternak Tobek Indah Desa Koto Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi menerima bantuan 7 ekor indukan sapi yang diberikan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), melalui dana APBD Provinsi Riau, Senin (28/08/2023).

Penyaluran bantuan indukan sapi yang diberikan kepada kelompok ternak Tobek Indah ini terdiri dari 6 ekor sapi betina dan 1 ekor sapi jantan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Andri Yama Putra, S.Hut.,M.Si, melalui Kepala Bidang Peternakan Drh. Asrul mengatakan, kelompok ternak Tobek Indah merupakan satu dari tiga kelompok ternak yang menerima bantuan ternak dari dana APBD Provinsi Riau, di Kuansing.

" Ya. Ada 3 Kelompok Ternak yang mendapatkan bantuan ternak," begitu kata Asrul.

Dijelaskan Asrul, dari tiga kelompok tani yang menerima bantuan ternak ini, satu diantaranya menerima bantuan ternak yang berbeda, yaitu kerbau.

"Iya, kelompok ternak Tobek Indah Desa Koto Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, dan kelompok ternak Harapan Maju Desa Teratak Rendah Kecamatan Logas Tanah Darat juga dapat bantuan sapi. Sementara untuk kelompok ternak Koto Buruak Desa Tanah Bekali kecamatan Pangean menerima kerbau," terangnya.

"Sesuai dengan permintaan yang diajukan," jelasnya.

Kelompok ternak Tobek indah juga akan mendapatkan pembinaan dari dinas guna mengembangkan indukan sapi ini sesuai dengan apa yang diharapkan.

Asrul berharap agar bantuan dari pemerintah ini dirawat dan dipelihara dengan baik supaya nantinya bisa berkembang dan membantu perekonomian para pelaku kelompok ternak tersebut.

"Semoga ternak bantuan ini dapat berkembang biak di kelompok dan membantu ekonomi masyarakat," harap Asrul.

"Kepada kelompok-kelompok yang mendapatkan bantuan betul-betul di manfaatkan bantuan dari pemerintah. Dan selalu kordinasi dengan petugas kita di lapangan, sehingga ternak sehat, dan kalau perlu kita lanjutkan dengan pengembangan seperti pemanfaatan limbah menjadi kompos dan pupuk cair," demikian pesan Kepala Bidang Peternakan Drh. Asrul menyarankan.

Sementara, di tempat terpisah, ketua kelompok ternak Tobek Indah, Hardiman mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten Kuantan Singingi yang telah memberikan perhatian terhadap masyarakatnya.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena atas kehendakNya kami dari kelompok ternak Tobek Indah dapat bantuan sapi," ucap Jang Diman, begitu panggilan sehari-harinya.

"Dan rasa terimakasih kepada dinas peternakan provinsi Riau serta dinas peternakan kabupaten Kuantan Singingi serta salam hormat kami dan rasa terimakasih kepada bapak Sardiyono bapak dewan kita yang telah membantu banyak," kata Jang Diman.

Jang Diman mengakui, "atas bantuan dan jerih payah pak Sardiyono lah, kelompok ternak Tobek Indah ini dapat bantuan sapi," demikian ungkap Jang Diman.(*)






Tulis Komentar