Meriahnya Peringatan HUT RI ke-78 di Desa Muaro Sentajo dan Harunya

KILASRIAU.com  - 17 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hari kemerdekaan merupakan momen penting yang selalu dirayakan setiap tahunnya. Untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia ini, Kukerta UNRI 2023 mengadakan beberapa perlombaan di Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi.

Perlombaan yang diadakan ada 6, yaitu lomba voli, makan kerupuk, balap karung, estafet tepung, balon dangdut, dan tarik tambang.

Acara peringatan HUT RI ke-78 ini dibuka oleh kepala desa Muaro Sentajo, bapak Halmadi Asmara, S.H., M.H dan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat desa Muaro Sentajo. Bapak Halmadi berharap dengan diadakannya perlombaan memperingati HUT RI ke-78 ini dapat memancing semangat juang dan persatuan masyarakat desa Muaro Sentajo.

Pembukaan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 13.00 wib di lapangan bola Muaro Sentajo. Sebelumnya sudah berlangsung lomba voli pada Rabu,16 Agustus 2023 di lapangan voli Asrama Grup desa Muaro Sentajo. Sedangkan perlombaan lain, dilaksanakan setelah acara pembukaan. Perlombaan dimulai dengan lomba makan kerupuk, dilanjutkan dengan lomba balap karung untuk anak-anak. Lalu, lomba balon dangdut juga diikuti oleh orang dewasa yang menjadikan acara meriah dengan ibu-ibu Muaro Sentajo yang sangat semangat mengikuti lomba ini.

Antusiasme masyarakat desa Muaro Sentajo tidak pudar sampai ke perlombaan terakhir, yaitu lomba tarik tambang dengan pesarta anak-anak dan orang dewasa. Perlombaan berakhir hingga pukul 17 30 Wib.

Sedangkan, pembagian hadiah dilaksanakan pada Jumat, 18 Juli 2023 sekaligus acara perpisahan Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Muaro Sentajo. Saat pembagian hadiah, ketua pelaksana acara, Habby Rizal Anugrah memberikan sepatah kata untuk masyarakat desa Muaro Sentajo yang mengikuti lomba.

"Menang dan kalah dalam perlombaan itu sudah biasa. Yang terpenting semangat adik-adik, ibu dan bapak dalam mengikuti perlombaan untuk perayaan Kemerdekaan ini," tutur Habby.

Acara ditutup dengan perpisahan Mahasiswa Kukerta UNRI dengan masyarakat Desa Muaro Sentajo, sebagai pertanda pengabdian mahasiswa Kukerta telah usai. Dalam acara ini, Ariffatur Asdafi selaku ketua tim Kukerta mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Muaro Sentajo yang telah menerima dan mendukung penuh program kerja yang telah dirancang.

"Terimakasih banyak dari kami tim Kukerta kepada masyarakat desa Muaro Sentajo yang telah menerima kami dengan senang hati, membimbing dan mendukung penuh program kerja yang telah kami lakukan. Semoga, program kerja kami bisa membantu perkembangan potensi di desa Muaro Sentajo,"ucap Fatur.

Masyarakat desa Muaro Sentajo yang diwakili oleh kepala desa juga mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat jalan kepada Mahasiswa Kukerta UNRI.

"Saya mewakili masyarakat desa Muaro Sentajo mengucapkan banyak terima kasih juga atas program yang telah dilakukan anak-anak Kukerta. Semoga ilmunya bisa tetap diaplikasikan. Selamat kembali ke kampus, melanjutkan kewajiban untuk berkuliah. Jangan lupakan desa dan masyarakat Muaro Sentajo. Kapanpun kalian berkunjung kami akan dengan senang hati menyambut," ucapnya.

Dengan berakhirnya acara perpisahan ini, tim Kukerta Desa Muaro Sentajo yang beranggotakan Ariffatur Asdafi, Jerry Kurniawan, Afifah Misti, Apriani Suganda, Pujingga Sheny, Fadillah, Fildzah Nurul Fajri, Yosa Dwi Septiani, dan Habby Rizal Anugrah resmi menyelesaikan pengabdiannya di Desa Muaro Sentajo dan kembali ke Kampus Universitas Riau.






Tulis Komentar