Pentingnya Ketersediaan Pangan Bagi Kehidupan, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Gerakan Urban Farming

KILASRIAU.com - Mahasiswa KKN UNRI 2023 di Desa Rambah Tengah Hilir melakukan program Gerakan Urban Farming sebagai bentuk pentingnya ketersediaan pangan bagi kehidupan, Sabtu 5 Agustus 2023 yang lalu. 

Urban Farming merupakan suatu kegiatan bercocok tanam yang di tanam dalam wadah yang biasanya memanfaatkan lahan terbatas seperti pekarangan rumah. 

Tujuan diadakan nya kegiatan ini adalah sebagai penyadaran tentang pentingnya ketersediaan pangan bagi kehidupan. 

Kegiatan yang di tajak oleh mahasiswa KKN Unri ini melibatkan siswa-siswi kelas VI di SDN 007 Rambah. Selain itu kegiatan urban farming juga ditujukan untuk meningkatkan karakter anak terutama peduli lingkungan, serta dapat melestarikan tanaman. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menanamkan karakter seperti kepedulian terhadap lingkungan, peduli sosial, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, kerja sama, dan tanggung jawab", ungkap Alex Rianto Sitinjak selaku ketua KKN. 

Kegiatan ini juga di sambut baik oleh kepala Sekolah SDN 007, Mariama S.Pd.Sd, ia berharap dengan adanya kegiatan yang di tajak oleh mahasiswa KKN ini dapat bermanfaat bagi peserta didik di SDN 007 Rambah kedepannya. 

Kegiatan urban farming ini mengajak para siswa-siswi kelas VI untuk menanam sayuran melalui media polibag, dengan memanfaatkan lahan terbatas di sekolah. 

Sebanyak 40 siswa-siswi kelas VI SDN 007 Rambah, sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. 

"Harapan kami semoga program yang kami laksanakan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SDN 007 Rambah, dengan adanya kegiatan ini kita dapat menanamkan jiwa menanam sejak dini bagi anak-anak agar kedepannya mereka dapat sadar tentang pentingnya ketersediaan pangan bagi kehidupan, selain itu dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung akan melatih anak untuk gemar makan sayur", kata Alex Rianto Sitinjak.






Tulis Komentar