Mahasiswa Kukerta UNRI Turut Serta Dalam Kegiatan Posyandu Balita

KILASRIAU.COM - Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau turut membantu menyukseskan kegiatan Posyandu balita di Koto Kari, kecamatan Kuantan Tengah, kabupaten Kuantan Singingi, Sabtu (5/8).

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kegiatan kesehatan Ibu dan Anak.

Tujuan utama posyandu adalah untuk mencegah peningkatan angka kematian Ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Ada beberapa kegiatan posyandu antara lain pemaparan edukasi mengenai penyakit-penyakit yang umumnya terjadi pada balita, memberikan layanan kesehatan anak dan imunisasi.

Kegiatan Posyandu melibatkan Dokter Puskesmas Kari, Bidan desa, Kader Kesehatan, Masyarakat dan Tim Kukerta Unri . Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB bertempat di Posyandu Mutiara Bunda desa Koto Kari.

Selama pelaksanaan kegiatan, Tim KKN UNRI turut membantu kegiatan posyandu seperti pendataan ibu dan anak, menimbang balita, mengukur lingkar kepala dan tinggi badan balita, dan imunisasi. Selain itu Tim KKN UNRI juga membagikan bubur kacang hijau.

"Adapun manfaat dari bubur kacang hijau bagi balita yaitu membantu metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencegahan anemia dan menjaga kesehatan mata," tutur nya.

Pelayanan tumbuh kembang balita sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya memantau pertumbuhan dan perkembangan anak sedari dini. "Dengan diadakannya kegiatan Posyandu diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan anak di Desa Koto Kari,"






Tulis Komentar