Cegah Global Warming, Mahasiswa Kukerta Unri Gelar Kegiatan Penanaman Bibit Pohon

KILASRIAU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau Kelurahan Ratu Sima 2023 mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon di Jalan Meranti Darat, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Penanaman ini bertujuan untuk menciptakan kawasan yang asri dan pemanfaatan lahan kosong. Kegiatan penanaman berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 5-6 Agustus 2023.

Dewasa ini, dunia sedang menghadapi fenomena pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim. Pemanasan global dunia berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup, oleh karena itu penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk mitigasi bencana untuk meminimalisir semakin parahnya pemanasan global.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa Kukerta dengan melibatkan kelompok tani, RT dan juga masyarakat yang merupakan salah satu program kerja Kukerta dalam pemberdayaan masyarakat dan lembaga.

Bibit-bibit tanaman diperoleh dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai, Kelompok Tani Mambang Nawala Ratu Sima dan masyarakat. Jumlah tanaman yang ditanam yaitu sebanyak 80 bibit tanaman yang terdiri dari bibit pohon cempedak, bibit pohon sirsak, bibit pohon rambutan, bibit pohon nangka, bibit bunga pucuk merah dan bibit pohon pinang.

Lurah Ratu Sima yaitu Ibu Yuli Fitri Yanti,S.Sos sangat mendukung dan berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Mahasiswa Kukerta UNRI yang telah melakukan penanaman pohon atau penghijauan di sekitar Jalan Meranti Rt 001 dan 002. Mudah-mudahan bisa menjadi kenangan untuk Kelurahan Ratu Sima”, ujarnya.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Kelurahan Ratu Sima 2023, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan lingkungan yang hijau dan lahan yang semula kosong menjadi lebih produktif. Selain itu, tanaman yang telah ditanam dapat menjadi kenang-kenangan oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau untuk warga di Kelurahan Ratu Sima serta diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kami berharap pohon yang ditanam, selain digunakan sebagai bentuk penghijauan juga dapat dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi oleh masyarakat’’, ujar M. Taufiq selaku Ketua Tim Kukerta UNRI Ratu Sima 2023.






Tulis Komentar