Sosialisasi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial: Langkah Menuju Masyarakat yang Adil Serta Merata

KILASRIAU.COM - Dalam era modern ini, isu kesetaraan gender dan inklusi sosial semakin menjadi perhatian utama dalam pembangunan masyarakat yang adil dan merata.

Meskipun telah banyak kemajuan, tantangan yang masih ada menunjukkan perlunya upaya kolektif untuk mencapai tujuan ini.

Kesetaraan gender merupakan hak asasi manusia yang mendasar dan esensial. Namun, di banyak bagian dunia, perempuan masih dihadapkan pada diskriminasi, ketidaksetaraan akses, dan kekerasan. Inklusi sosial juga menjadi perhatian, di manakelompok-kelompok minoritas, difabel, sering menghadapi marginalisasi.

Dalam hal ini mahasiswa KKN UNRI mengangkat tema ini untuk disosialisasikan, tepatnya di SMPN 5 Kampar Kiri Hilir. Pringgadani Al Asri bersama rekan KKN lainnya menyampaikan materi yang dirangkum dalam format yang menarik, hal ini tampak dari antusias yang ditunjukkan oleh para murid yang menyimak penyampaian yang dilakukan dengan baik, bahkan beberapa murid bertanya mengenai pandangan mereka akan hal ini.

"Kenapa perempuan selalu mendapatkan perhatian lebih dalam hal kekerasan dibandingkan laki-laki" imbuh salah satu murid kepada rekan mahasiswa.

Dan hal ini berhasil mahasiswa KKN tanggapi dengan baik, bahkan menambahkan mengenai kesetaraan gender juga melibatkan memberdayakan perempuan dalam berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, dan keputusan-keputusan penting dalam masyarakat.

Kesetaraan gender dan inklusi sosial bukanlah hanya tujuan moral, tetapi juga kunci untuk pembangunan yang berkelanjutan dan masyarakat yang adil. Dengan mengatasi hambatan-hambatan yang ada dan bekerja sama sebagai masyarakat global, kita dapat mencapai tujuan ini dan mewujudkan dunia yang lebih inklusif bagi semua individu.






Tulis Komentar