Mahasiswa KKN UNRI 2023 Sukses Laksanakan Pelatihan Canva dan Microsoft Word di SMP Negri 4 Singingi

KILASRIAU.COM - Kelompok Kukerta UNRI Desa Sungai Sirih sukses melaksanakan kegiatan pelatihan canva dan microsoft word, acara ini dilaksanakan agar para generasi muda dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan baik.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat di era globalisasi pada saat ini tidak terlepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah adalah Microsoft word dan Canva yaitu program desain online yang menyediakan berbagai macam media pembelajaran seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, graik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin dan sebagainya.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau melakukan pelatihan tentang Microsoft word dan Canva di SMPN 4 Singingi desa sungai sirih yang beranggotakan : Muhammad Ferdy Arifin sebagai ketua kelompok, Keyko Artazenia Manihuruk, Rosa Linda Br. Manurung, Ilham Djuhri Winanda, Resi Tiara Sihombing, Yuni Hariati Siahaan, Marasi Raul Gonzales, Firza Rahmi Yanti, Sadila Oktaviani, Dwisnu Tiara Cipta.

Kegiatan tersebut melibatkan Kepala Sekolah SMP N 4 Singingi, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan seluruh siswa/i  SMPN 4  Singingi, kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, dengan rincian pukul sembilan diadakan untuk kelas 7, pukul sepuluh untuk kelas 8, dan pukul sebelas untuk kelas sembilan. Pelatihan ini berlokasi di gedung serbaguna SMPN 4 Singingi.

Pelatihan Canva dilaksanakan untuk seluruh kelas, sementara untuk Microsoft Word hanya dilaksanakan untuk kelas sembilan. Hal ini terpaksa kami laksanakan karena keterbatasan waktu dan juga device. Kami juga mempertimbangkan tentang anak kelas sembilan yang akan memasuki SLTA sederajat, yang mana Microsoft Word akan sangat berguna bagi mereka.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan diawali dengan perkenalan masing-masing anggota Kukerta dan ice breaking yang berlangsung dengan semangat dan penuh rasa antusias oleh siswa/i SMPN 4 Singingi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai aplikasi Canva dan Microsoft Word yang disampaikan oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau, dan diakhiri dengan praktek pembuatan Akun Canva.

Pada saat pelatihan berlangsung siswa/i kelas 8 mengikuti dengan antusias dan sangat aktif dibanding dengan dua kelas lainnya, hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka sudah mengetahui tentang aplikasi Canva, sementara siswa/i kelas 9 lebih antusias dalam pemaparan materi Microsoft Word.

Muhammad Ferdy Arifin, selaku ketua Tim Kukerta mengungkapkan, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan aplikasi Canva dan mengoptimalkan kemampuan siswa/i dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran, serta mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan tim Kukerta dengan siswa/i SMPN 4 Singingi.

Setelah melakukan Pelatihan ini, diharapkan siswa/i SMPN 4 Singingi lebih paham dalam memanfaatkan aplikasi Canva untuk proses pembelajaran, dan terkhusus siswa kelas 9 dapat memanfaatkan Micrososft Word dengan maksimal dalam pembuatan tugas sekolah terutama dalam hal pembuatan makalah.

“Saya mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan program pelatihan mengenai aplikasi Canva dan Microsoft Word. diharapkan melalui pelatihan yang diadakan oleh Mahasiswa Kukerta UNRI, siswa/i dapat memanfaatkan aplikasi Canva dalam proses pembelajaran”, ujar Supriatno, Sp.d selaku Plt. Kepala Sekolah SMPN 4 Singingi.






Tulis Komentar