Untuk Meningkatkan Karakter Bangsa, Mahasiswa Kukerta Unri Gelar Lomba Semarak Muharram 1445 H

foto: Istimewa

 

BUKIT HARAPAN, SIAK - Dalam semangat untuk mewujudkan perubahan positif dan meningkatkan karakter bangsa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri), berhasil menyelenggarakan Lomba Semarak Muharram 1445 H dengan penuh semangat, di Masjid Raya Babussalam, Kampung Bukit Harapan, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Riau. Ahad (23/07/2023).

Acara yang digelar selama satu hari penuh ini berhasil menginspirasi dan menghimpun partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat. Kegiatan ini telah digagas dengan tema yang berfokus pada semangat perbaikan karakter bangsa, mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam merayakan momen bersejarah ini dengan cara yang penuh makna dan positif.

Puluhan peserta dari berbagai RT di Kampung Bukit Harapan bergabung dalam beragam kegiatan yang telah dirancang dengan baik oleh mahasiswa Kukerta Unri.

Di mana, rangkaian kegiatan Lomba Semarak Muharram 1445 H tersebut meliputi lomba adzan, lomba hafalan bacaan sholat 5 waktu, lomba hafalan bacaan sholat jenazah, serta hafalan surat-surat pendek.  

Ketua Pelaksana Lomba Semarak Muharram 1445 H, Muhammad Arvin Hafizh, mengatakan bahwa Semarak Muharram 1445 H tahun ini menjadi momentum berharga bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk tumbuh dan berkembang, bersatu dalam semangat perubahan positif untuk kemajuan bangsa.

"Dengan partisipasi aktif dari mahasiswa Kukerta Unri dan antusiasme masyarakat, kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal bagi lebih banyak kegiatan bermakna di masa depan," begitu kata Arvin.

Rangkaian lomba ini tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga membawa makna yang mendalam bagi peserta dan masyarakat.

Kehadiran acara semacam ini membuktikan bahwa generasi muda, khususnya mahasiswa Kukerta Unri, memiliki peran penting dalam menginspirasi perubahan positif dan memperkuat karakter bangsa.

Penghulu Kampung Bukit Harapan, Lasmi, Amd.,Kep, mengungkapkan rasa bangganya atas inisiatif mahasiswa Kukerta Unri dalam menyelenggarakan acara tersebut. Ia berharap kegiatan semacam ini terus digalakkan untuk mempererat tali persaudaraan dan semangat kebersamaan di Kampung Bukit Harapan.

"Melalui semangat perubahan positif dan inspirasi yang ditorehkan, mereka membuktikan bahwa langkah kecil tetapi berarti dapat menjadi modal besar untuk membawa perubahan yang positif bagi masyarakat dan bangsa," demikian Penghulu Kampung Bukit Harapan, Lasmi, Amd.,Kep, menyampaikan.(*)






Tulis Komentar