Meriahnya 1 Muharram di desa Muaro Sentajo

KILASRIAU.COM – Mahasiswa Kukerta UNRI 2023 bersama  Ikatan Remaja Masjid Mukhlisin (IRMAM) mengadakan acara Semarak 1 Muharram 1445 H di masjid Mukhlisin Muaro Sentajo, kecamatan Sentajo Raya, kabupaten Kuantan Singingi.

Acara ini bertujuan untuk memeriahkan tahun baru islam yang menjadi momentum istimewa di setiap tahunnya. Tema yang diangkat dalam Semarak 1 Muharram kali ini adalah “Mewujudkan Potensi Diri dengan Mengembangkan Talenta dalam Kerangka yang Islami”.

Selain itu acara ini dimeriahkan dengan 3  lomba yaitu, lomba  azan, lomba tahfidz, dan lomba ranking 1. Sebanyak 5 Mushollah di desa Muaro Sentajo ikut berpartisipasi mengirimkan peserta sebagai perwakilannya. Selain itu, Semarak 1 Muharram 1445 H ini juga terdapat Tabligh Akbar oleh H. Abdul Muluk Intan.

Pembukaan dilaksanakan pada Jum’at, 28 Juli 2023 ba’da Isya yang dihadiri oleh Sekretaris desa Muaro Sentajo Rusmadi dan ketua mesjid Mukhlisin bapak Drs. H Gapis Amrullah.

Dalam kesempatan ini Rusmadi mengatakan, "Melalui acara Semarak 1 Muharram 1445 H, diharapkan dapat menggali potensi-potensi yang ada pada masyarakat Muaro Sentajo di bidang pendidikan keagamaan. Kemudian dilanjutkan dengan lomba azan tingakat SD dan tingkat SMP,"

Sementara itu, hari Sabtu, 29 Juli 2023 dilaksanakan lomba tahfidz Al-Qur’an tingkat SD dengan surah yang telah ditentukan oleh panitia. Hari berikutnya, 30 Juli 2023 dilaksanakan lomba Ranking 1 tingkat SD dan SMP yang menjadi lomba terakhir dalam acara ini.

Seluruh lomba berjalan dengan antusias sekaligus menjadi momen yang berkesan bagi para peserta dan masyarakat yang hadir.

Selain itu lomba ini diikuti dengan jumlah peserta terbanyak, yang menandakan banyaknya anak-anak desa Muaro Sentajo memiliki pengetahuan seputar islam sehingga mereka semangat untuk mengikuti lomba.

Semarak 1 Muharram 1445 H ini, ditutup dengan Tabligh Akbar yang diisi dengan ustazd H. Abdul Muluk Intan dengan judul Keutamaan Bulan Muharram pada Senin, 31 Juli 2023 ba’da Isya.

"Intinya ada banyak Keutamaan dari Bulan Ramadhan ini yang beliau sampaikan, salah satunya bulan Muharram ini merupakan bulan dimana 10 Nabi mendapatkan penyelesaian dari ujian yang telah Allah swt berikan. Dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba Semarak 1 Muharram 1445 H," sebutnya.

Lalu dilanjutkan dengan pembubaran panitia Semarak 1 Muharram 1445 H. Ketua pelaksana Arrifatur Asdafi dari Mahasiswa Kukerta UNRI berharap hubungan silaturahmi antara panitia acara ini, yaitu Mahasiswa Kukerta UNRI dan IRMAM Muaro Sentajo tetap terjaga.**






Tulis Komentar