Apa Benar Roh Orang Meninggl Dunia Gentayangan? Berikut Penjelasan Singkat Buya Yahya

KILASRIAU.COM - Setiap mahluk hidup yang ada di dunia ini pasti akan kembali kepada sang pencipta sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.

Namun sering kali menjadi suatu pertanyaan di setiap lingkungan manusia bahwa setelah meninggalkan dunia yang fanah ini apakah roh tersebut akan gentayangan?

Nah, untuk penjelas kali ini kamu dapat menyimak secara singkat penjelasan dari salah satu ustad kondang atau sering di sebut sebagai KH Yahya Zainul Maarif atau yang lebih akrap di sapa Buya Yahya.

Dimana salah satu canal ceramah nya yang di posting snack video dalam judul Fiqih Islam ini telah di toton ribuan penonton pengguna snack video.

KH. Buya Yahya mengatakan bahwa seorang muslim yang meninggal dunia sering kali disebut bergentayangan apalagi jika meninggalnya dengan cara mengenaskan dan ini membuat orang menjadi ketakutan.

Maka dari itu, KH. Buya Yahya menuturkan bahwa roh seorang muslim yang meninggal dunia tersebut tidak lah bergentayangan sebagaimana yang sering dilihat di televisi.

"Kita harus dapat menyakini bahwa roh seorang muslim yang telah meninggal dunia ini mempunyai urusan tersendiri. Jika kamu seorang muslim yang baik atau taat tentunya akan memperoleh kenikmatan di alam barzah. Berbeda dengan orang yang selalu berbuat dosa maka akan mendapatkan siksaan," sebut Buya Yahya di calanal snack video dalam judul Fiqih Islam, Ahad (25/6/23).

Selain itu juga, KH Buya Yahya menyebutkan orang yang meninggal itu rohnya gentayangan ataupun jalan-jalan seperti yang kamu dengar selama ini bahwa roh orang yang meninggal itu gentayangan serta menakut-nakuti orang hingga marasukui tubuh seseorang.

Karena orang yang telah meninggal dunia tersebut akan terlihat sama persis dengan orang yang meninggal sebab itu adanya penjelmaan jin dan syaitan untuk menjerumuskan hamba Allah SWT. Karena jin ini akan mengikuti jalan pikiran manusia yang masih hidup.

"Oleh karena itu, jangan sampai kamu mempunyai keyakinan kalau roh orang yang meninggal dunia itu bisa gentayangan seperti pada di film-film di tv. Untuk itu perlu adanya pemahaman dan pengetahuan bahwa orang yang sudah meninggal dunia akan berpindah alam menuju alam barzah serta akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan yang sudah dilakukan semasa hidupnya di dunia," jelasnya.
 






Tulis Komentar