Helmaheri: Tanamkan Budaya Disiplin dan Prestasi dalam Segala Hal

SENTAJO RAYA, KUANSING - Untuk menanamkan kesiapan, karakter, dan disiplin demi memajukan dan mengembangkan sekolah, diharapkan agar peserta didik setiap ketua kelas melaporkan kehadiran anggotanya dalam setiap barisan kelas.

Hal itu disampaikan Kepala SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau, Helmaheri, M.Pd didampingi Ketua Literasi SMAN 1 Sentajo Raya sekaligus Jurnalis sekolah, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd, sebelum melaksanakan Ujian Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap, SMA/MA Tahun Pelajaran 2022/2023, saat para pendidik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan melaksanakan apel pagi yang dimulai pukul 07.10 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Selasa (06/06/2023).

Menurut Helmaheri, hal demikian dilakukan agar dapat mengetahui seberapa persen tingkat kehadiran dalam barisan pagi. Sehingga tercipta kedisiplinan yang akan berpengaruh dalam prestasi sekolah nantinya.

Helmaheri mengungkapkan dalam arahannya pada apel pagi, bahwa kedisiplinan atau sikap disiplin adalah suatu sikap yang dapat dikatakan sebagai salah satu kunci dari kesuksesan. Karena peluang untuk menjadi orang yang berhasil akan mengecil kalau tidak hidup dengan disiplin.

"Oleh karena itu, sikap disiplin harus dimulai dari diri sendiri, yang diawali dengan hal-hal kecil, seperti bangun tepat pada waktunya, berangkat ke sekolah tidak terlambat," begitu kata Helmaheri mengungkapkan.

Kemudian kata Helmaheri, "untuk hidup terbiasa disiplin memang tak mudah. Kita harus bertempur mengalahkan diri sendiri. Karena itu sifat malas harus diberantas, dan membuat banyak pengorbanan," ungkapnya lagi.

"Namun, semua itu akan terbayar begitu kita bisa meraih keberhasilan. Maka tanamkanlah budaya disiplin dan prestasi dalam segala hal," kata Helmaheri.

Mengenai kegiatan yang telah diikuti oleh peserta didiknya beberapa waktu lalu, Helmaheri mengumumkan bahwa SMAN 1 Sentajo Raya kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mendapatkan nama harum yang dipersembahkan oleh para peserta didiknya dalam FLS2N dan OSN SMA/MA tingkat Kabupaten Tahun 2022/2023.

"Terimakasih dan selamat kepada Adhim Nurfikri Kelas XI MIPA 1 yang telah meraih prestasi Juara 3 Bidang Lomba Cipta Lagu FLS2N SMA/MA Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, di bawah bimbingan pak Ronaldo Rozalino, S.Sn,M.Pd yang juga sebagai Guru Seni Budaya SMAN 1 Sentajo Raya," ucap Kepala SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau, Helmaheri, M.Pd.

"Adhim Nurfikri Kelas XI MIPA 1 ini, seharusnya berangkat mewakili kabupaten ke provinsi, namun karena perubahan juknis provinsi Riau, hanya yang mendapat Juara 1 saja yang diberangkatkan ke Provinsi. Artinya tahun depan kita akan lebih persiapkan bidang lomba yang akan diikuti," kata Kepala Sekolah, Helmaheri menjelaskan.

"Kemudian atas nama Nabila, peserta didik kelas X, meraih 10 besar OSN Kimia SMA/MA tingkat Kabupaten Kuantan Singingi di bawah bimbingan Micelia, S.Pd yang juga Guru Kimia SMAN 1 Sentajo Raya. Hari ini, Nabila akan berlomba di tingkat Provinsi Riau dengan pelaksanaannya secara Dalam Jaringan (Daring) online di ruang Labor TIK, yang didampingi oleh bidang kurikulum, yaitu Randes Oktazen, S.Pd dan Novrezza Isa Putra, ST selaku koordinator dan penanggungjawab Labor TIK," kata Helmaheri membeberkan.

Terakhir, Kepala SMAN 1 Sentajo Raya kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Helmaheri, M.Pd yang juga Sekretaris PGRI Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), juga Editor dan Pengelola Jurnal PGRI Kuansing yang diterbitkan setiap 6 bulan sekali ini menegaskan kembali untuk selalu menanamkan budaya disiplin dan prestasi dalam segala hal, sebab menurutnya disiplin itu penting untuk meraih kesuksesan.

"Mari civitas SMAN 1 Sentajo Raya kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, kita tanamkan budaya berdisiplin dan berprestasi untuk memajukan sekolah kita ini kedepannya. Tanpa dukungan semua pihak hal ini sulit terwujud. Namun ketika bersama-sama dalam hal kebaikan, ikhlas, dan bersinergi satu sama lain seperti berkolaborasi antar kita," demikian Kepala SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau, Helmaheri, M.Pd berseru.

Semoga Allah meridhoi langkah membangun pendidikan yang berprestasi, berkarya, berkarakter, beretika, dan beradab, sesuai harapan yang dicanangkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka Mengajar. Terwujudnya lulusan yang mampu bersaing dan lulus perguruan tinggi yang diharapkan.(*)
 






Tulis Komentar