Kapolres Kuansing Kerahkan Piket Polwan Untuk Periksa Pembesuk Wanita, Antisipasi Hal yang Tidak Diinginkan

TELUK KUANTAN - Penebalan piket tahanan pada saat jam besuk oleh Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor (Polres) Kuantan Singingi (Kuansing) guna memback up personil Polri Laki-Laki (Polki) yang terlibat jaga tahanan, Kamis (25/05/2023) pagi.

Adapun tugas dan tanggung jawab Polwan Polres Kuansing yang melaksanakan piket di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Kuansing yaitu melaksanakan pemeriksaan terhadap perempuan yang melaksanakan besuk, dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pembesuk.

Kegiatan ini merupakan perintah langsung Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK.,MH. Yang mana, dirinya menerangkan bahwa penjagaan adalah sesuatu yang harus diperkuat dalam suatu Markas Komando, terutama mengenai kesiapsiagaan anggota, dengan adanya petugas jaga Polwan, akan memudahkan dalam pemeriksaan pembesuk wanita.

"Petugas Polwan bisa menggeledah atau melakukan pemeriksaan fisik terhadap pembesuk wanita, jadi memeriksanya juga kan lebih leluasa," begitu dikatakan Pangucap.

Sementara di tempat terpisah koordinator polwan Polres Kuansing Aipda Dora menjelaskan, bahwa tugas mereka (polwan) ialah malaksanakan pemeriksaan satu per satu terhadap barang bawaan keluarga, mulai dari makanan, minuman maupun pakaian yang akan diberikan kepada tahanan yang ada di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Polres Kuansing.

"Selain memeriksa barang bawaan keluarga pembesuk, kami juga menggeledah badan pengunjung wanita, untuk menghindari barang bawaan yang berbahaya bagi mereka (tahanan. red)," demikian dikatakan Koordinator Polwan Polres Kuansing Aipda Dora.(**)






Tulis Komentar