Hendaklah Seorang Muslim Menjaga Nilai Pahala Ramadhan

Ilustrasi gambar dari google

Kilasriau.com - Saat melaksanakan puasa ramadhan sudah pasti mendapatkan pahala yang sangat banyak sehingga umat muslim berlomba-lomba.

Melaksanakan puasa ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan ini telah disampaikan Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183.

Oleh karena itu, Rasullulah SAW menegaskan melalui hadis yang telah banyak di jelaskan karena puasa ramadhan merupakan rukun Islam.

Dalam sabda Rasullulah yang berbunyi "Islam dibangun atas lima perkara; syahadat bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji dan puasa di bulan Ramadan." (HR Bukhari & Muslim).

Maka dari itu, agar puasa setiap muslim ini mendapatkan pahala dan tidak menjadi sia-sia. Karena ada sebagai orang melaksanakan puasa namun tidak mendapatkan nilai pahala.

Hal ini terjadi karena melakukan hal-hal yang dapat menggugurkan hingga menghilangkan pahala puasa tersebut.

Sebuah hadits qudsi yang diriwayatkan Abu Hurairah, "Puasa adalah perisai, apabila seseornag darimu berpuasa hendaknya jangan berkata kotor dan berteriak-teriak." (Muttafaq Alaih)

Jadi, jika melaksanakan puasa hendak lah menjaga serta tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirimu sendiri.***
 






Tulis Komentar