Abay: Lima Tips Menjadi Pemilih Yang Baik dan Cerdas Pada Pemilu

Abay

KILASRIAU.COM- Tanggal 17-April-2019 Mendatang, masyarakat Indonesia akan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) baik tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional secara serentak, khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berkaca dari Pilkada kemaren tingkat golput hampir mencapai 50%.

Akan hal tersebut, Pemuda Tembilahan, Abay sebutan aktabnya berharap agar masyarakat yang golput pada waktu lalu menyadari akan pentingnya memilih. Ia menambahkan Pemilu adalah merupakan wujud demokrasi untuk memilih langsung wakil rakyat yang katanya akan menjadi perpanjangan tangan rakyat untuk menyampaikan aspirasi.

Nah sebagai warga, harus berperan serta dalam menentukan pemimpinnya. Untuk itu, jadilah pemilih yang cerdas dalam pemilu serentak.

Kemudian Abay menjelaskan 5 tips menjadi pemilih yang baik atau cerdas di pemilu, Mari simak agar anda menjadi penentu masa depan yang baik:

1. Gunakanlah hak pilih Anda, Satu suara dari anda akan berguna bagi calon yang baik. Banyak kasus di beberapa daerah di mana selisih suaranya hanya sedikit sekali, contoh saja pada pemilu DPRD Kabupaten Inhil pada masa lalu hanya berbeda satu suara, Aneh bukan ?..Jika anda apatis maka justru orang yang tidak baik yang akan menjadi pemimpin dan merugikan anda bahkan masyarakat pada umumnya.

2. Cermatilah visi, misi, dan program kerja yang ditawarkan oleh para calon legeslatif. Calon yang baik biasanya tahu persis permasalahan daerah yang akan dipimpinnya sehingga menawarkan program yang realistis.

3. Ciri lain calon yang baik biasanya dalam kampanye lebih banyak mendengarkan keluhan dari rakyat dan bukannya bicara sendiri.

4. Selidikilah pula moral dan etika para calon, Apakah dia misalnya pernah tersangkut masalah korupsi, Apakah dia punya selingkuhan.

5. Cermatilah hal-hal teknis dalam Pemilu, Contohnya; cara mencoblos yang benar.

Demikianlah beberapa tips untuk menjadi pemilih yang cerdas dalam Pemilu mendatang.






Tulis Komentar