Sholat Sunnah Tarawih, Memiliki Ragam Pandang Dari Ulama

Ilustrasi pelaksanaan sholat tarawih

Kilasriau.com - Sampai saat ini masih banyak perdebatan dan perbedaan pendapat terkait pelaksanaan sholat sunnah tarawih dibulan ramadhan.

Ada sebahagian ulama berpandangan bahwa pelaksana sholat tarawih ini dilaksanakan 8 rakaat, ada juga yang mengatakan 11 rakaat hingga ada berpandangan bahwa pelaksanaan sholat  tarawih ini 36 rakaat.

Kenapa perbedaan ini bisa muncul? Jawaban nya ialah sampai sejauh ini belum ada satu pun hadits yang membahas secara shahih dan sharih (eksplisit) yang menyebutkan berapa jumlah rakaat tarawih yang dilakukan Rasullulah SAW.

Kemudian para sahabat dan ulama-ulama masih membahas berapa rakata sholat tarawih ini. Meskipun ada hadits shahih yang di riwayat Aisyah berbunyi:
?????? ??????? ??????? ??????? ??????? ?????? ????? ???????? ????????? ??? ?????????? ?????????: ??? ????? ??????? ??? ?????????? ????? ??? ????????? ????? ??????? ???????? ????????

Bagaimana shalat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di bulan Ramadan? Aisyah menjawab, “Beliau tidak pernah menambah, baik di bulan Ramadan atau selainnya dari sebelas rakaat. (HR al-Bukhari-Muslim).

Meskipun demikian, dalam hadist shahih Aisyah Radiallahu Anha tidak secara tegas menjelaskan sholat tarawih itu 11 rakaat.

Oleh karena itu, banyak sekali pandang dan hadist yang membahas berapa jumlah rakaat tarawih tersebut.

Namaun pada dasarnya, ini kembali lagi kepada setiap muslim mau berapa pelaksanaan sholat tarawih tersebut. Karena setiap ulama dan mazhab memiliki pandang serta keyakinan sesuai dengan hadist yang didalaminya.

Intinya, melaksanakan sholat sunnah tarawih pada bulan ramadhan ini akan mendapatkan pahala dari Alla SWT.**






Tulis Komentar