3 Do'a Yang Dipanjatkan Jibril 'Alahi Salam, Semoga Kita Tidak Termasuk Didalam nya

Ilustrasi

Kilasriau.com - Doa adalah ibadah bagi setiap muslim dan muslimah. Doa sebagai bentuk permohonan sangat dibutuhkan seorang manusia agar tidak dikatakan sombong kepada sang Pencipta. Yakinlah, Allah Subhanahu Wata'al akan mengabulkan doa seorang hamba-Nya. Maka hendaklah berdo'a dengan penuh harap. Jangan kan kita manusia, malaikat sekalipun memanjatkan doa kepada Rabb-Nya.

Menurut sebuah hadist, malaikat Jibril pernah meminta tiga permohonan melalui do'a Nya, untuk kaum muslimin. Yang do'a tersebut didengar oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi Wassalam dan beliau mengaminkannya. Berikut dijelaskan pada sebuah Hadist, do'a yang dipanjatkan malaikat Jibril yang artinya :

Dari Jabir, Radhiyallahu Anhu, bahwasannya Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi Wassalam naik ke atas mimbar. Ketika beliau naik ke anak tangga pertama, kedua, dan ketiga beliau mengucapkan," Amiin".

Lalu para sahabat bertanya : Wahai Rasulullah, kita semua mendengar engkau berkata : Amiin, amiin, amiin.

Mengapa engkau melakukan itu? "Nabi Shalallahu 'Alahi Wassalam menjawab, "Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril datang Kepada-Ku dan berkata, 'Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan namun dosanya tidak diampuni. Maka aku pun mengucapkan, 'Amiin."

Kemudian dia (Jibril) berkata, 'Celakalah seorang hamba, jika mendapati kedua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan kedua orang tuanya itu tidak membuatnya masuk kedalam syurga.' Aku pun berkata, 'Amiin.' 

Selanjutnya, dia berkata, 'Celakalah seorang hamba, jika nama-Mu (Muhammad) disebutkan dihadapannya tetapi dia tidak bershalawat untuk-Mu.' Aku pun berkata, 'Amiin.'
(HR. Ibnu Khuzaimah, dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam shahih al - Tirmidzi).

Hadist tersebut mengingat kan kita tentang kemuliaan bulan Ramadhan. Namun Celakalah! bagi kita yang mendapati bulan suci ini. Justru enggan memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata'al atas dosa-dosa yang telah dilakukan baik disengaja maupun yang tidak. Pada akhirnya, Ramadhan pun berlalu meninggalkan nya.

Maka, Malaikat Jibril pun mendoakan celakalah buat mereka yang mendapatkan bulan ampunan ini. Tetapi, ia masih berlumuran dengan dosa - dosa.

Akan tetapi, memuliakan orang tua dalam hadist ini sangat penting, sesampai malaikat Jibril mendoakan celaka bagi kita yang masih mendapatkan orang tua kita masih hidup tetapi tidak mampu masuk syurga" Hal ini menjelaskan sisi betapa mulianya kedua orang tua yang harus diperlakukan dengan baik sepanjang akhir hidup nya.

Seterusnya, keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam, shalawat memiliki kemuliaan.

Sehingga Allah Subhanahu Wata'al dan para malaikat nya pun bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alahi yang dicantumkan didalam Al-Quran yang berbunyi :

"Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata'al dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkan lah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab, 5-6).

Allah dan para malaikat-Nya saja bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi, apa lagi kita selaku umat nya." Celakalah seorang hamba yang ketika nama mu disebutkan dihadapannya, namun ia enggan bershalawat untuk mu" Ini menjelaskan keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi. Sebagai umat Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi kita wajib berterima kasih atas pengorbanan yang telah beliau lakukan untuk umat nya.

Semoga kita tidak termasuk didalam 3 do'a yang dipanjatkan malaikat Jibril dan di Amiin kan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alahi.**






Tulis Komentar