Muhasabah Diri di Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat Allah

Kilasriau.com - Muhasabah diri dibulan ramadhan ini merupakan salah satu langkah yang baik karena dibulan ini rahmat dan hidaya Allah sangat lah banyak.

Jadi, dengan menjalankan puasa secra tidak langsung mendidik hambanya agar memiliki rasa malu kepada Allah.

Dengan adanya rasa malu dalam diri tentunya setiap umat muslim dapat merasakan dan mengetahui setiap tingkah laku dan perbuatan selalu dalam pengawas Allah.

Penjelasan rasa malu sendiri telah dijelaskan secara rinci oleh Rasulullah ? yang dimana ia menekankan arti sesungguhnya rasa malu yang benar untuk membentuk karakter diri dan bangsa.

Maka dari itu ada dari sahabat Rasulullah ?Abdillah ibnu Mas’ud, mengatakan bahwa Rasulullah ? pernah bersabda yang bunyinya sebagai berikut.

 “Malulah kalian kepada Allah dengan rasa malu sebenarnya!” lalu para sahabat berkata, “Wahai Rasul sungguh kami masih punya rasa malu Alhamdulillah”. Nabi bersabda, “Bukan itu yang aku maksudkan, namun rasa malu kepada Allah yang benar adalah dengan cara engkau pelihara kepalamu dan semua yang diserap, engkau pelihara perutmu dan semua yang masuk, ingatlah mati dan keadaanmu yang akan jadi tulang belulang, lalu tinggalkan hiasan dunia untuk menjamin kesenangan akhirat! Jika telah melakukan itu semua, baru orang tersebut telah merasa malu yang benar terhadap Allah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan al-Hakim).

Kemudia, Allah SWT telah berjanji dalam Al-Qur'an  surah Al-A’raf: 96.

?????? ????? ?????? ???????? ???????? ??????????? ??????????? ????????? ????????? ????? ?????????? ?????????? ???????? ?????????? ?????????????? ????? ???????? ???????????

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” [QS: al A’raf: 96]

Semoga bulan puasa ini menjadi kekuatan untuk setiap umat Muslim agar selalu mendekatkan diri serta meningkatan keimanan kepada sang penciptaNya.**






Tulis Komentar