Keistimewaan Hari Jum'at, Shalat Didalamnya Banyak Pahala Yang Didapatkan

Shalat Jum'at yang dilaksanakan secara berjamaah adalah aktivitas pemeluk agama islam yang dilakukan satu minggu sekali. Foto : Ilustrasi

Kilasriau.com - Hari Jum'at lebih utama dibandingkan hari - hari lainnya. Terdapat didalam nya, Shalat Jum'at yang Allah perintahkan suatu kewajiban bagi setiap muslim laki-laki. Mengisi hari Jum'at dengan shalat Jum'at berjamaah dan perbanyak mengingat Allah serta perbanyak berbuat kebajikan yang mendekatkan rahmat Allah dan Menjauhkan kita dari siksa-Nya.

Hal ini yang mana Allah Subhanahu WaTa'al sebutkan didalam berfirmannya Surah Al-Jumu'ah ayat 9 - 10 yang artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu diserukan untuk melaksanakan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan lah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.

Apabila shalat telah ditunaikan, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (Q.S. Al-Jumu'ah 9-10).

Kemudian dari Hadist, Aus bin Aus Radiyallahu Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, artinya :

"Sesungguhnya, hari yang paling utama adalah hari Jum'at, maka perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari itu, karena shalawat-Mu pasti disampaikan kepadaku." (H.R.Abu Dawud,).

Di hadist yang lain dari Salman Radiyallahu Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda :

"Tidak lah seorang laki-laki mandi pada hari Jum'at dan bersuci semampu ia bersuci, memakai minyak atau wewangian, kemudian ia keluar ke masjid, tidak menggangu dua orang yang sedang duduk untuk dilewati, lalu ia melakukan shalat sesuai dengan yang telah ditentukan baginya, kemudian ia diam ketika imam (khatib) sedang berkhotbah, niscaya dosanya yang ada diantara Jum'at itu dengan Jum'at yang lalu diampuni." (H.R.Bukhari).

Betapa banyak keistimewaan pada hari Jum'at, hendaklah kita berlomba-lomba merebut keistimewaan tersebut, agar kita mendapatkan nya.**






Tulis Komentar