Tak Lama Lagi Puasa, Berikut Penentuan 1 Ramadhan 2023

Kilasriau.com - Tidak terasa bulan suci ramadhan sudah di depan mata dan ini tinggal menghitung hari saja maka seluruh umat muslim akan menunaikan ibadah puasa.

Kemudian umat muslim akan menjalankan kewajibannya selama satu bulan penuh berpuasa serta menahan diri dari haus dan lapar dan tidak lupa juga untuk melakukan hal-hal positif.

Karena puasa sudah dekat, tentunya kamu bertanya-tanya kapan pastinya jadwal puasa ramadhan tahun 2023 akan dilaksanakan.

Untuk di Indonesia dalam penetapan jadwal puasa mungkin tidak asing lagi jika selalu memiliki perbedaan penentuan jadwal puasa ramadhan.

Namun, tidak perlu khawatir dengan perbedaan tersebut karena puasa tetap dilaksanakan meskipun jadwalnya berbeda tetapi keimanan dan ketakwaan yang paling utama.

Dilansir dari halaman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, jadwal puasa Ramadhan memiliki beberapa versi baik itu dari Pemerintah, NU maupun Muhammadiyah.

Perbedaan yang timbul ini terjadi karena adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath) maka dari itu lah bisa terjadi perbedaan.

Jadi, jadwal puasa atau 1 ramadhan 2023 versi permerintan awal ramadhan 2023 itu jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023 hal ini dapat dilihat dari kalender hari libur nasional dan hari cuti bersama hari raya idul fitri itu tanggal 22-23 April 2023.

Selanjutnya jadwal puasa atau 1 ramadhan 2023 versi Muhammadiyah awal ramadhan 2023 itu jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Kemudian jadwal puasa atau 1 ramadhan 2023 versi Nahdatul Ulama (NU) biasanya menunggu hasil dari sidang isbad yang dilakukan Kementrian Agama Indonesia.

Untuk itu, kamu tinggal memiliki versi yang mana untuk memulai 1 ramadhan 2023 ini.**
 






Tulis Komentar