Anjuran Menutup Pintu Yang Diajarkan Rasullulah

Sumber foto google

Kilasriau.com - Rasullulah SAW sangat banyak mengajar kan hal-hal kebaikan dari hal yang terkecil hingga yang besar.

Salah satu ajaran Rasullulah ialah menutup pintu, baik itu pintu rumah, kamar tidur hingga  hingga kamar mandi.

Kenapa hal ini dilakukan?
Tujuannya ialah agar saat menutup pintu tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan serta mencegah agar tidak ada masuknya setan.

Dan ini ada didalam hadits yang diriwayatkan Jabir radhiyallahu ‘anhu,  Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: 

????? ????? ?????? ????????? – ???? ???????????? – ????????? ????????????? ? ??????? ????????????? ?????????? ????????? ? ??????? ?????? ??????? ???? ????????? ???????????? ? ???????????? ??????????? ? ??????????? ????? ??????? ? ??????? ???????????? ??? ???????? ?????? ?????????

Artinya: "Jika datang malam, atau berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian (di rumah). Sebab pada waktu itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka. Tutuplah pintu dan berdzikirlah kepada Allah. Karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.”(HR Bukhari dan Muslim)

Sementara itu, menutup pintu, pada sore hari  Rasullulah memberikan pembelajaran jika disoreh hari hendak lah seorang muslim menutup semua pintu ruamah baik itu jendela.

Maka dari itu, setiap ingin menutup pintu maka dianjurkan untuk selalu membaca basmalah agar setan tidak dapat masuk kedalam ruamah.**






Tulis Komentar