Adab Menjenguk Orang Sakit Yang Diajarkan Rasulullah

Ilustrasi doa singkat yang dibaca saat menjenguk orang sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff

Kilasriau.com - Siapa diantara kamu yang tidak pernah sakit. Tentunya setiap manusia pasti pernah sakit baik itu sakit tingkat ataupun berat.

Terkadang orang yang sakit tidak dapat melakukan aktifitas dengan baik karena tubuhnya sedang tidak sehat atau imun dalam tubuhnya sedang menurun.

Untuk itu, Dalam ajaran agama islam umat muslim diajarkan bagaimana cara atau adab menjenguk orang saiki.

Dalam sebuah riawayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, bahwa Rasullulah SAW ketika ada ada sahabat yang sakit, maka ia senantiasa menjenguknya serta membacakan do'a agar segera diberikan kesembuhan

Do'a yang dibaca saat menjenguk orang sakit ialah

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri." (Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA).

Kemudian, Rasullulah SAW juga tidak memiliki satu do'a saja, akan tetapi memiliki beberapa do'a. Dan ini pernah dilakukan oleh Rasullulah SAW ketika meruqyah salah seorang sahabat.

Karena Ruqyah merupakan salah satu alternatif penyembuhan melalui ayat suci Al-Qur'an.

Berikut ini do'a nya:

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."**






Tulis Komentar