Ini Penjelasan UAS dan UAH Ketika Membaca Surah Yasin

Penjelasan singkat dari UAS dan UAH ketika membaca surah yasin

Kilasriau.com - Membaca Al-Qur'an merupakan kewajiban bagi setiap muslim agar mendapatkan rahmat serta pembelajaran tentang kehidupan di alam dunia ini.

Didalam Al-Qur'an ada salah satu surah yang yang sangat populer dan memiliki keutamaan yang sangat baik.

Surah ini ialah Yasin atau yang sering disebut jantungnya Al-Qur'an. Maka dari itulah tidak heran jika surah yang satu ini sangat diminta umat muslim untuk membacanya.

Untuk itu ada beberapa ke utaman membaca surah yasin ini kemudian dijelaskan juga oleh salah satu yaitu Ustaz Abdul Somad dalam yang dikutip dari dakwah center, Kamis (8/12/2022) yang lalu mengatakan dalam isi ceramahnya bagi siapa yang membaca surah yasin maka memili keutamaan diantaranya adalah

1. Barang siapa yang membaca surah yasin Allah SWT akan mencatat pahalanya seperti membaca Al-Qur'an sepuluh kali

2. Barang siapa yang membaca surah yasin pada malam Jum'at, maka Allah SWT akan memberikan keimanan yang kuat

3. Barang siapa yang membaca surah yasin di depan orang yang sakit atau mengalami skratulmaut, maka Allah akan meringankan dan memudahkan rohnya.

4. Dan masih banyak lagi lagi keutamaannya.

Kemudian, dilansir dari berbagai portal agam, membaca surah yasin telah ditegaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daut yang berbunyi sebagai berikut;

?? ??? ???? ?? ???????? ???? ?????? ????? ???? ????  

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Disisilain ustaz Adi Hidayat mengatakan dalam kanal YouTube Dakwah Elite dalam unggahan video pada 21 Juni 2020 yang lalu menjelaskan secara singkat membacakan surah yasin bagi orang yang sudah meninggal dunia.

Dimana dalam sebuah hadis membahas hal tersebut. Akan tetapi ada perbedaan diantara khilafiah atau perbedaan dikalangan ulama.

"Ada memang hadis yang menjelaskan kemudian menganggapnya hadis ini dhof (lemah) meskipun ada juga yang mengatakan shohih (benar)," kata ustaz Adi Hidayat

Melihat hal tersebut, ustaz Adi Hidayat memiliki pandangan sendiri. Karena ustaz Adi Hidayat berprinsip bahwa jika ada hadis yang diperdebatkan, maka lebih baik untuk mengambil hadis yang tidak menjadi perdebatan. **






Tulis Komentar