Surah Yang Dianjurkan Dibaca pada Hari Jum'at

Umat Islam disunahkan membaca Alquran dan selawat pada malam Jumat, terutama surat-surat yang dianjurkan para ulama. (Foto: istimewa)

KILASRIAU.COM - Setiap hari dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an bagi setiap muslim baik itu orang tua, desa hingga anak-anak

Tujuan membaca ayat suci Al-Qur'an tidak lain untuk memahami dan mempelajari tentang kehidupan yang ada di dunia ini.

Namun, sebahagian dari kamu mungkin tidak tahu bahwa ada hari yang baik saat membaca Al-Qur'an.

Hari ini adalah hari Jum'at dimana hari tersebut merupakan hari paling istimewa bagi umat islam. Selain itu, hari Jum'at sering disebut juga dengan penghulunya hari atau Sayyidul Ayym.

Maka dari itu lah, umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an pada malam Jum'at karena sangat banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan.

Seperti yang diriwayatkan salah satu ulama muslim Hujjatul Islam Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah, seperti yang dikutip dari Islami.co bahwa sanya ada beberapa surah yang dianjurkan untuk dibaca.

“Disunnahkan pada hari Jum'at atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat seperti Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca surah Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.

Jika di dalami lebih dalam maka akan semakin banyak lagi surah yang bisa diamalkan mengingat membaca Al-Qur'an ini bisa lebih mendekatkan diri serta mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Maka di hari Jum'at ini juga dianjurkan untuk membaca salawat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW

“Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadits shahih).**






Tulis Komentar