Banyak Yang Tidak Tahu Hukum Mandi Hujan, Berikut Penjelasannya

Foto ilustrasi Anak-anak yang menikmati mandi hujan

Kilasriau.com - Jika hujan turun merupakan sebuah anugrah dan berkah bagi seluruh umat tidak terkecuali tanaman hewan yang ada di dunia.

Namum tampa kamu sadari jika hujan turun pasti ada keinginan mu untuk mandi sambil menikmati rintikan-ritikan hujan.

Maka tidak heran jika hujan turun banyak kamu lihat Anak-anak ataupun orang dewasa yang asyik mandi sambil menikmatinya.

Tapi, tau kah kamu hukum mandi hujan dalam islam. Sampai saat ini masih banyak perdebatan ataupun pandang dari berbagi ulama bahwa mandi hujan ini apakan haram atau sunnah.

Akan tetapi beberapa hadis membahas soal pandi hujan ini diantaranya adalah Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu 

????? ???? ????- ????? ???: ????? ???? ???? -??? ????? ????? ????- ????? ??? ?????? ??? ?????? ?????: ?? ???? ????! ??? ????? ???? ???: “?????? ????? ???? ??????? ?????”

“hujan turun membasahi kami (para Sahabat) dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam,  maka Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam membuka bajunya, sehingga hujan mengguyur beliau, maka kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah untuk apa engkau berbuat seperti ini?’

Rasullullah SWT menjawabnya

????????? ??????? ?????? ????????? ????????

“Karena sesungguhnya hujan ini baru saja Allah ta’?la ciptakan.” (HR. Muslim no. 898).

Dari hadis di atas para ulama memahami bahwa mandi hujan ialah sunnah. Namun sebagimana penjelasan ulama bermaksud hadis ini adalah menyentuhkan beberapa anggota badan dengan air hujan ketika turun.

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

??? ??? ????? : ” ??? ?????? ?? ??? ?? ??? ????? ????? ???? ?????? ?????

(Berkaitan dengan hadits tersebut, ini adalah) “Pasal disunnahkannya berdiri (di luar) ketika awal turun hujan dan mengeluarkan pelana (kendaraan) agar mengenai air hujan”

Dari penjelasan di atas belum ada kepastian dari para ulama  apakah mandi hujan ini sunnah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.**






Tulis Komentar