Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Bersama Seluruh Kepala TK dan KB (Kelompok Belajar) Kecamatan Lirik di aula TK Pertiwi Lirik

KILASRIAU.com, INHU - Seluruh kepala TK dan KB (kelompok belajar) kecamatan lirik bakal dicover jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat, Rulli Jaya Santika, Selasa (14/02/2023).

“sebagai wujud perlindungan kerja bagi para tenaga pendidik dan kependidikan non PNS di lingkungan sekecamatan Lirik, kita laksanakan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.” Papar Rulli.

“Perlindungan kerja ini harus difikirkan jangan sampai (premi yang dibayarkan) mengurangi pendapatan para guru dan pegawai Non PNS,” ujar Yunidar selaku Kepala TK Pertiwi Lirik.

Rulli juga mengatakan BPJS Ketenagakerjaan memiliki komitmen menyelenggarakan perlindungan kerja pada sektor guru dan tenaga kependidikan non PNS. 

Hal tersebut merupakan implementasi dari program Pemerintah dalam mengurangi munculnya kemiskinan baru yang diakibatkan resiko kecelakaan kerja bagi para guru maupun pegawai non pns.

‘’Prinsip jaminan sosial adalah gotong royong. Dimana yang dibayarkan digunakan untuk membiayai jaminan sosial para guru. Terutama mereka yang sudah berjasa dalam mencerdaskan peserta didik,’’ terang Rulli.

‘’Manfaat JKK berupa santunan atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja,’’ jelasnya. 

Sedangkan manfaat JKM, imbuhnya, berupa santunan sebesar Rp 42 juta yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta aktif meninggal dunia. Lalu, ketika peserta aktif meninggal dunia karena kecelakaan kerja maka ahli waris berhak menerima santunan sebesar 48 kali dari upah yang dilaporkan. Selain itu, ahli waris juga mendapatkan santunan beasiswa maksimal Rp 174 juta untuk dua orang anak yang masih aktif bersekolah.

‘’Diharapkan pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan ini dapat berkembang dan semakin luas penerima manfaatnya. Bahkan, bila perlu hingga ke tingkat SD, SMP dan SMA sederajat,’’ harap Rulli.






Tulis Komentar