Puasa Sunnah, Melatih Diri Sebelum Melaksanakan Puasa Satu Bulan Penuh

Sumber ilustrasi foto Istock

Kilasriau.com - Berpuasa salah satu kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun puasa sendiri memiliki dua macam yaitu puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa waji dilaksanakan pada bulan ramadhan yang dilakukan pada setahun sekali. Untuk puasa sunnah itu dilaksanakan di luar bulan ramadhan dan bisa dilaksanakan kapan saja.

Karena bulan Ramadhan tidak lama lagi, makan ada beberapa puasa sunnah yang sangat baik untuk dilaksanakan.

Tujuan tidak lain untuk melatih dirimu ketika melaksanakan puasa ramadhan dalam satu bulan penuh.

Beberapa puasa yang baik dilaksanakan dalam menyabut puasa Ramadhan diantaranya Puasa Daud, Senin Kamis, Bula Muharram, Puasa Ayyamul Bidh Setiap Bulan, 10 Hari Awal Bulan Zulhijah, puasa Arafa dan Puasa Hari Tasu'a dan Hari Asyura.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin melatih diri dalam berpuasa makan dianjurkan untuk melakukan puasa yang telah disampaikan diatas.

Karena puasa sendiri memiliki sejumlah keutamaan yang mana Rasulullah SAW pernah bersabda, "Puasa adalah perisai dari api neraka, seperti perisai masing-masing kalian pada saat berperang." (HR Ahmad).

Kemudian, Do'a yang dipanjatkan orang yang berbuka puasa itu termasuk Do'a mustajab. Dan ini juga di pertegas dalam sabda Rasullulah SAW , "Sesungguhnya orang yang berpuasa, memiliki doa yang tidak tertolak ketika berbuka." (HR Ibnu Majah, Al-Hakim, dinilai shahih) **






Tulis Komentar