Baik Dilaksanakan Sebelum Matahari Tergelincir, Berikut Niat Sunah Dhuha

Sumber foto google Bincang Syariah

Kilasriau.com - Hampir setiap hari umat muslim selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu tidak terkecuali sholat sunnah.

Ada sholat sunnah dalam islam jika dikerjakan dapat mempercepat dan memudahkan rezeki mu.

Sholat Sunah ini ialah sholat dhuha yang mana ini dikerjakan pada pagi hari setelah melaksanakan sholat subuh.

Sholat sunnah dhuha berbeda dengan sholat sunah yang lainya. Karena sholat sunah dhuha ini memiliki batas waktu.

Jadi, sebaiknya sholat sunnah Dhuha dikerjakan pada pukul 07.00 pagi - 11.00 siang.

Seperti penjelasan singkat dari salah satu ulama mazhab Hanafi, Syekh Hasan bin Ammar dalam kitab Maraqil Falah, dhuha berarti waktu yang diawali dengan naiknya matahari sampai sebelum tergelincir.

Dan ini tertuang dalam penjelasan Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi Al-Maliki

??????? ???? ??????? ????????? ???? ?????????? ???? ????????? ????????? ????????????: ???????? ???????? ?????? ??????????. ???????????: ????? ????????? ???????? ???? ??????????? ?????????. ????????????: ??????? ?????????? ???????? ???? ??????????. ???????????? ??????????? ??????? ???????? ??????? ?????????? ?????????? ????????? ?????? ?????????

Artinya: "Sungguh, waktu antara terbit matahari hingga tergelincir terbagi tiga. Pertama, waktu dhahwah. Waktu itu terjadi pada saat terbit. Kedua, waktu dhuha yang dibatasi dengan naiknya matahari. Ketiga, waktu dhaha. Waktu itu (dimulai dari habis waktu dhuha) hingga tergelincir matahari."

"Dengan demikian, yang dimaksud waktu yang dinisbahkan pada sholat dhuha adalah waktu di mana naiknya matahari. Naiknya matahari itulah yang menjadi batasnya."

Sholat sunnah dhuha ini dapat dikerjakan dengan 2 rakata ataupun 4 rakata. Bagi kamu yang ingin mengamalkan sholat sunah dhuha ini niat sholat dhuha dua rakaat.

???? ??? ????? ?????? ??? ?????

Ushalli sunnatad dhuha rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya: "Aku niat sholat dua dua rakaat karena Allah." **






Tulis Komentar