Jangan Minum Sambil Berdiri, Berikut Pemaparannya

Sumber foto google Kesan

Kilasriau.com - Kamu pasti sering kali melakuin minum sambil berdiri dan tak hayal juga sambil berjalan.

Padahal kamu tahu bahwa minum berdiri itu tidak baik untuk kesehatan apalagi dalam agama islam.

Jadi tidak heran jika orang tua sering menasehati anaknya untuk tidak melakukan minum sambil berdiri.

Nasehat seperti ini, sudah seringkali kamu dengar baik di rumah, sekolah bahkan ditempat tongkrongan mu ada saja yang menegur jika minum sambil berdiri.

Minum berdiri tentunya sudah lumrah dan menjadi kebiasaan maka tidak heran jika kamu sering melihat orang minum sambil berdiri.

Maka dari itu, tidak heran jika Rasulullah melarang ummatnya minum berdiri. Karena dalam suatu hadis disebutkan bahwa "Janganlah kamu minum sambil berdiri" dari pernyataan inilah menjadi salah satu dasar bahwa tidak dibenarkan untuk minum berdiri.

Sementara itu, dari Anas r.a. dari Nabi SAW: “Bahwa ia melarang seseorang untuk minum sambil berdiri. Qatadah berkata, “Kemudian kami bertanya kepada Anas tentang makan. Ia menjawab bahwa itu lebih buruk.” Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata,

???? ?????????? -??? ???? ???? ????- ??????? ????? ???? ???????? ????????? ????????

“Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024). 

Disisi lain Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

??? ??????????? ?????? ???????? ???????? ?????? ?????? ??????????????

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim no. 2026)**






Tulis Komentar