Pengen Nanam Cabai Agar Hasilnya Maksimal, Berikut Tips and Triknya

Sumber foto instagram @pk joko saat melakukan penyemprotan ke tanaman nya

Kilasriau.com - Siapa sih yang tidak tahu dengan tanama cabai?  Tentutunya ini tidak asing lagi bagi kita apalagi ibu-ibu yang selalu berbelanja dipasar sebagai salah satu bahan pokok di dapur.

Cabai sendiri memili cita rasa khas yaitu dengan rasa pedasnya yang selalu membuat lidah bergoyang-goyang.

Untuk itu, sebagian dari kita khusunya ibu rumah tangga ada yang suka melakukan budidaya tanama cabai ini.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa bahan-bahan pokok yang ada dipasaran tersebut harga nya selalu mengalami kenaikan. Sehingga tidak heran ibu-ibu rumah tangga membudidayakan tanaman babai ini dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Jadi, untuk menanam cabai di pekarangan rumah agar memiliki hasil yang bagus dan maksimal maka ini dia tips and triknya:

1. Pilih Benih Cabe Berkwalitas,
2.  Keluarkan Biji Cabe dari Buahnya,
3. Jemur Biji Cabe,
4. Seleksi Biji Cabe,
5. Mulai Penyemaian, dan
5. Mulai Penyemaian.

Selanjutnya kita menyiapkan tempat yang akan menjadi media tanaman nya seperti: Mempersiapkan media (tanam tanah/ atau media tanam yang lainnya), dan Polibec/ pot

Setelah semuanya sudah ditanam maka cabai diletakkan di area pekarangan yang terbuka, tujuannya adalah agar bisa terkena matahari supaya proses pertumbuhan nya menjadi maksimal.

Memberikan makanan tambahan seperti pupuk baik itu pupuk organik maupun non organisasi dan harus diberikan secara berkala agar tidak berlebih karena pupuk berlebih dapat membuat tanaman kerdil dan layu.

Selain itu juga tidak lupa melakukan pemangkasan di sekitaran tanaman agar tidak tumbuh rumput liar dan ini dilakukan rutin pemangkasan paling baik dilakukan setelah tanaman cabai berusia 1 - 2 bulan.

Terus melakukan penyemprotan pestisida tujuannya sudah pasti mengantisipasi dari hama penyakit agar terlihat lebih terawat 

Terakhir melakukan penyiraman dengan menyesuaikan cuaca jika dirasa cuaca sedang panas dapat disiram dua kali sehari. Namun curah hujan sedang tinggi penyiraman dapat dilakukan dengan kondisional.






Tulis Komentar