Minuman Jahe Yang Memiliki Manfaat bagi Tubuh

Sumber foto Vina Puji Rahayu - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Kilasriau.com - Siapa sih yang tidak tahu dengan tanam herbal satu ini yang selalu ada di pasar-pasar tradisional khusnya penjual rempah.

Apalagi kalau bukan Jahe yang selalu sering dijumpai dan banyak sekali yang membubudidayakan nya baik itu untuk dijual ataupun diracik menjadi minuman yang sehat bagi tubuh.

Tahukah kamu?
Jahe ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh apalagi jahe juga salah satu tanaman obat tradisional yang paling populer, bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit. Ketika cuaca dingin dan hujan, orang-orang biasanya minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh.

Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual. Namun tidak hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari jahe yang perlu kamu ketahui, antara adalah Mengurangi Reaksi Alergi, Menurunkan Berat Badan, Meredakan Nyeri Haid, Meredakan Nyeri Sendi dan Otot, serta Mencegah Risiko Penyakit Jantung.

Seperti yang dilansir dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/443/manfaat-minuman-jahe-bagi-tubuh menjelaskan bagaimana cara mengolah nya serat manfaat.

Dijelaskan bahwa dari sumber https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/443/manfaat-minuman-jahe-bagi-tubuh ini bahwa minuman jahe dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah asupan jahe yang aman. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, minuman jahe dapat menyebabkan kembung hingga mulas. Pastikan kamu mengonsumsi jahe tidak lebih dari 5 gram jahe per hari. Kamu bisa membuat minuman jahe yang sehat dirumah.

Untuk itu, caranya adalah sebagai berikut:

1. Cuci jahe yang akan digunakan (jahe biasa atau merah),

2. Parut 1 sendok jahe yang sudah dicuci,

3. Rebus 4 gelas air sampai mendidih,

4. Masukkan parutan jahe ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5-10 menit

5. Saring air jahe, dan

6. Tambahkan madu, lemon atau jeruk nipis.

Kemudian yang didapat manfaatnya dari jahe ini adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi. Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe adalah cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan. meskipun klaim ini perlu penelitian lebih lanjut, minum teh jahe hangat memang membuat anda merasa lebih kenyang.

3. Meredakan Nyeri Haid

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jahe dapat meredakan nyeri haid. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa jahe sama efektifnya sebagai pereda nyeri dalam mengatasi kram menstruasi.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Tidak hanya meredakan nyeri haid, namun jahe juga sudah lama dikenal dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi dari dari penyakit jantung. Minuman jahe juga dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Sebagai tambahan sumber https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/443/manfaat-minuman-jahe-bagi-tubuh ini juga membersihkan beberapa referensi artikel guna menambah wawasan kita.

Referensi Artikel ini adalah:

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-air-jahe-yang-bisa-dinikmati

https://www.indozone.id/health/5jsQDX/10-manfaat-wedang-jahe-untuk-kesehatan-dan-stamina-tubuh

https://katadata.co.id/safrezi/berita/619f47a882198/10-manfaat-wedang-jahe-dan-cara-membuatnya

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5204121/ini-manfaat-air-jahe-untuk-kesehatan-bisa-diminum-setiap-hari

https://id.theasianparent.com/manfaat-jahe-untuk-kesehatan






Tulis Komentar