Rumah Sunting Apresiasi Komunitas Penyelenggara HPI

Founder Rumah Sunting Kunni Masrohanti bersama Kepala Dinas Kebudayaan Raja Yoserizal Zein dan para komunitas penerima penghargaan

Kilasriau.com, - Selain merayakan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Provinsi Riau, Komunitas Seni Rumah Sunting juga megapresiasi komunitas atau sanggar yang sebelumnya melaksanakan perayaan HPI bersama Rumah Sunting di tingkat kabupaten/kota. Apresiasi berupa piagam penghargaan itu diberikan pada puncak perayaan HPI di Riau, Selasa malam (20/12/2022) di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru.

Kunni Masrohanti, founder Rumah Sunting, menjelaskan, apresiasi ini diberikan sebagai ungkapan terimaksih karena telah bersama-sama merayakan HPI, meski dilaksanakan secara swadaya.

"Saya melihat kawan-kawan penyair seniman di kabupaten/kota sangat luar biasa. Mereka semangat merayakan HPI, mau berkolaborasi meski dengan swadaya. Semangat itu yang harus terus dijaga. Penghargaan ini bukan apa-apa dibanding semangat itu," kata Kunni.

Disebutkan Kunni lebih lanjut, puncak perayaan HPI ini dlaksanakan di kota ke-10 setelah sebelumnya dilaksanakan di 9 kabupaten/kota. Megapa hanya 10 kabupaten/kota, kata Kunni karena tahun ini perayaan HPI yang ke-10.

Sembilan kabupaten/kota tersebut yakni, Bengkalis, Dumai, Rohil, Kampar, Pelalawan, Inhil, Inhu, Siak. Perayaan di 10 lokasi ini dilaksanaka dengan konsep yang berbeda. Ada di sekolah, kafe, dan gedung, sesuai dengan kondisi masing-masing.

"Tanpa partisipasi teman-teman penyair, seniman dan sanggar atau komunitas, perayaan tahun ini tidak ada artinya, malah tidak bisa terlaksana. Terimakasih tak terhingga buat mereka, tentunya juga buat para pendukung terutama Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata yang memberi ruang sehingga kegiatan bisa dilaksanakan di gedung ASIT. Begitu juga Walhi, Perkumpulan Elang dan Balai Bahasa Riau," sambung Kunni.

Adapun sanggar atau komunitas penetima.penghargan itu yakni, Sanggar Bengkres (Inhil), Komunitas Senepak (Dumai), Majelis Sastra Bengkalis, JTR Korda Rohil, Sanggam Group (Kampar), SMPN 2 Pelalawan (Delik).

Perayaan HPI yang juga dihadiri penyair Sumatera Barat dan Sumatera Utara itu megusung tema Konservasi dan Ibu Puisi. Kegiatan diawali dengan seminar nasional yang diikuti para penyair, kepala sekolah dan pelajar mahasiawa, dilanjutkan dengan panggung seni dan puisi. Ada musik, tari dan monolog.






Tulis Komentar