Untuk Memperhatikan Masyarakat Kalangan Bawah, RPU Gelar Sosialisasi Jamsostek Kepada Kaum Duafa

KILASRIAU.com - Untuk memperhatikan masyarakat kalangan bawah, Rumah Persatuan Ummat (RPU) mengelar sosialisasi program Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) kepada kaum duafa. Bertempat di GOR desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (12/9/2022) sore.

Kegiatan sosialisasi program Jamsostek tersebut RPU menggandeng BPJS ketenagakerjaan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang resiko jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Ketua umum Rumah persatuan Ummat mengucapkan terimakasih kepada kepala desa Air Tawar, kecamatan Kateman yang sudah memberikan fasilitas ruangan untuk memberikan sosialisasi Jamsostek kepada masyarakat.

"Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih kepada desa Air Tawar dan masyarakat yang sudah hadir di sini untuk mendengarkan langsung sosialisasi sehingga masyarakat tau apa program RPU dan BPJS ketenagakerjaan," kata Ketua Umum Rumah Persatuan Ummat H Ikbal Sayuti.

Dalam sambutannya juga Ketua umum Rumah persatuan umat RPU H Ikbal Sayuti mengatakan bahwa di mana RPU untuk kepentingan ummat salah satunya jaminan sosial tenaga kerja dan jaminan kematian kepada kaum duafa.

"Ini Rumah Persatuan Ummat, dari bahasa nya untuk kepentingan ummat, untuk itu kami hadir memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian kepada kaum duafa untuk memberikan iuran perbulan sebesar Rp 16.800.," jelas H Ikbal Sayuti.

Di hadapan Masyarakat, H Ikbal Sayuti mengatakan bahwa kedepannya agar masyarakat tidak bingung, RPU akan mencari Tim Pengurus di desa Air Tawar untuk membantu mendaftarkan dan juga sekaligus mengurus iurannya

"Jadi masyarakat tinggal terima beres, segalanya sudah di urus tim RPU yang ada nantinya di Desa Air Tawar," imbuhnya.

Sementara itu Pihak BPJS ketenagakerjaan Emil Febrianto mengatakan bahwa di mana BPJS ketenagakerjaan berkerjasama dengan RPU dalam hal ini Jamsostek kepada kaum duafa, namun diluar itu BPJS ketenagakerjaan juga bisa untuk umum  kepada masyarakat yang mampu untuk mendaftar.

Email mengatakan bahwa BPJS ketenagakerjaan sendiri, berbeda dengan BPJS kesehatan, kalau BPJS ketenagakerjaan untuk jaminan Kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

"Jadi dengan iuran Rp 16.800 masyarakat sudah mendapatkan jaminan sosial kecelakaan kerja dan jaminan kematian, nah dengan RPU masyarakat sangat terbantu sekali, ibu bapak sudah mendapatkan jaminan dan iuran juga sudah dibayarkan, jadi sangat membantu masyarakat di kalangan bawah," pungkasnya.

Sementara itu Adi Candra kordinator RPU kecamatan Kateman mengatakan bahwa pentingnya sosialisasi sehingga masyarakat tau pentingnya Jamsostek.

"Saya selaku Koordinator RPU kecamatan Kateman, mudah-mudahan  secepatnya program Jamsostek ini berjalan, dengan itu masyarakat mempunyai jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, kita tidak berharap itu terjadi namun antisipasi aja kalau pas mendapatkan musibah kecelakaan pas lagi berkerja ada jaminan kita," jelas Adi Candra yang juga merupakan anggota DPRD kabupaten Indragiri Hilir.

Terkahir, Adi Candra juga mengungkapkan akan membentuk tim yang akan mendata warga yang layak untuk diberikan Jamsostek terutama kepada kaum duafa, parkir miskin.

"Kalau dari RPU hanya kepada masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan, namun untuk masyarakat yang menengah ke atas bisa secara mandiri untuk mempunyai kartu BPJS ketenagakerjaan, karena ini dana ummat jadi betul-betul sesuai disalurkan," tutupnya.

Turut hadir, Ketua umum Rumah persatuan ummat, (RPU) H Ikbal Sayuti, pembina RPU kabupaten Indragiri Hilir Andi Rusli Mallarangeng, Pembina RPU H Agus Salim, Anggota DPRD Inhil Adi Candra, BPJS ketenagakerjaan, Sekdes Air Tawar, dan peserta sosialisasi Jamsostek.**






Tulis Komentar